Kami ingin petugas siap menghadapi kondisi alam dan jemaah Indonesia yang dinamis setiap tahunnya
Jakarta (ANTARANews) - Sebanyak 806 petugas melakukan gradi resik penyelenggaraan ibadah haji Arab Saudi di Asrama Haji, Pondok Gede, Jakarta Timur, untuk pengenalan tugas selama di Arab Saudi.

"Pembekalan 10 hari dan gladi posko ini merupakan bagian dari pengenalan dan pengkondisian, agar petugas haji memahami tugas mereka," kata Ketua Panitia Pembekalan Petugas Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH)Arab Saudi Tahun 1436H/2015M, Khoirizi, di Jakarta, Selasa.

Ia mengatakan petugas haji tahun ini sebagian besar pernah menjadi panitia penyelenggara ibadah haji (PPIH) tahun sebelumnya.

"Sebanyak 60 persen pernah bertugas, dan sisanya 40 persen masih baru," ujarnya.

Oleh karena itulah, untuk memberikan pelayanan terbaik kepada 168.800 jemaah yang akan berhaji pada tahun ini, Kementeria Agama (Kemenag) melakukan pembekalan dengan tema "Petugas PPIH Arab Saudi Adalah Pembimbing, Pelayan, Pelindung yang Menegakkan Nilai-Nilai Integritas, Profesionalitas, Inovatif, Tanggung Jawab, dan Keteladanan bagi Jamaah Haji."

Pada gladi posko yang berlangsung mulai pukul 6.00 sampai 14.00 WIB, para petugas dibagi sesuai dengan daerah kerja (daker) Makkah, Jeddah, dan Madinah. Pada setiap daker, ada yang bertugas di bidang pelayanan, bimbingan, dan perlindungan dari Kemenag dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Selain itu, pihak panitia juga mengkondisikan pelatihan pada puncak haji, ketika jemaah wukuf di Arafah, serta mabit di  Musdalifah dan Mina.

"Kami ingin petugas siap menghadapi kondisi alam dan jemaah Indonesia yang dinamis setiap tahunnya," ujar Kasubdit Pembinaan Petugas Haji itu.

Ia berharap dari pembekalan selama 10 hari yang dimulai sejak subuh hingga pukul 22.00 WIB, para petugas haji, termasuk wartawan yang bertugas di Media Center Haji (MCH) memiliki komitmen untuk melayani, membimbing, dan melindungi jamaah haji Indonesia, sehingga bisa melaksanakan ibadah yang diamanatkan dalam rukun Islam ke-5 itu.

Para petugas berasal dari berbagai unsur, antara lain dokter spesialis, dokter umum, perawat, pembimbing ibadah, tim pengamanan dari TNI dan Polri, serta media.

Pewarta: Risbiani Fardaniah
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015