Namun, dari Indonesia hampir setiap tahun selalu ikut memperkuat tim."
Taipei (ANTARA News) - Enam atlet Indonesia memperkuat tim perahu naga National Taiwan Normal University (NTNU) dalam ajang Festival Perahu Naga di Taipei, 19 hingga 21 Juni 2015.

"Tahun ini kami berenam memperkuat tim NTNU," kata Leony Herawati, atlet dayung yang sudah tiga kali ikut ambil bagian dalam ajang Festival Perahu Naga di Taipei, Jumat.

Keenam atlet tersebut turun dalam tiga nomor lomba, yakni tim putra, tim putri, dan tim campuran dalam ajang tahunan yang digelar di Sungai Keelung, Taipei, itu.

Dalam perlombaan yang diikuti 200 tim tersebut, NTNU Dragon Boat Team berkekuatan 72 orang putra dan putri, termasuk enam orang atlet dari Indonesia.

"Tim kami ini kebanyakan dari Panama. Namun, dari Indonesia hampir setiap tahun selalu ikut memperkuat tim," kata Leony yang tercatat sebagai pelajar di Mandarin Training Center NTNU itu.

Pada hari pertama pertandingan yang merupakan babak kualifikasi, tim putra NTNU menduduki peringkat kedua dan lolos pada babak berikutnya.

Pelatih NTNU Dragon Boat Team, Yan Jian Guo, mematok target timnya untuk masuk dalam 10 besar. "Dari tahun ke tahun kami selalu masuk babak 10 besar," ujar pengajar taichi di NTNU tersebut.

Pada babak kualifikasi, Jumat pagi, timnya berada di urutan kedua atau di belakang tim Phisical Education University.

"Tim mereka diperkuat beberapa atlet nasional Taiwan," katanya.

Yan menganggap bahwa kekuatan tim peserta tahun ini merata. "Meskipun demikian, kami tetap menargetkan masuk 10 besar," ujarnya seusai pertandingan.

Untuk mencapai target tersebut, sebanyak 72 atletnya digembleng secara ketat setiap Senin sampai Jumat, baik di kampus maupun di Sungai Keelung.

Festival Perahu Naga digelar setiap tahun untuk menyambut datangnya musim panas. Selain dari kalangan pelajar, tim perahu naga juga berasal dari komunitas masyarakat atau penggemar olahraga air.

Pewarta: M. Irfan Ilmie
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2015