Hangzhou (ANTARA) - Timnas perahu naga Indonesia berhasil menorehkan prestasi yang mengesankan di ajang Asian Games Hangzhou yang baru saja berakhir, dengan menyabet satu medali emas, empat medali perak, serta satu medali perunggu.

Edy Suyono, manajer timnas perahu naga Indonesia, mengatakan bahwa timnya sangat menantikan Asian Games 2026, di mana tim Indonesia akan memperjuangkan prestasi yang lebih baik lagi.

Asian Games Hangzhou adalah Asian Games edisi ketiga yang menetapkan cabang olahraga (cabor) perahu naga sebagai cabor resmi yang memperebutkan 6 medali emas, yang salah satunya diboyong tim Indonesia dari nomor 1.000 meter putra.

Menurut Edy, tim China, Myanmar, Indonesia, dan Thailand sama-sama dapat disebut tim yang kuat karena memiliki atlet yang berbakat dan terlatih sangat baik, sehingga sering menyabet emas di berbagai kompetisi internasional. Selisih kekuatan antara tim-tim tersebut tidak terlalu jauh.
 
   Memandang ke depan, ke Asian Games 2026 mendatang, Edy percaya bahwa timnas Indonesia dapat mencapai terobosan baru, dengan persiapan lebih awal dan latihan yang cukup keras dalam jangka panjang


Cabang olahraga perahu naga menyoroti persatuan dan semangat kerja sama dalam satu tim, sehingga cabor itu makin menarik atlet dan warga di berbagai negara, tak hanya di China dan Asia, tetapi juga di seluruh dunia.

Perihal cabang olahraga perahu naga sebagai salah satu cabor Olimpiade, Edy mengaku hal itu masih sulit terwujud dalam jangka pendek karena ada banyak hal harus dibahas dan dinegosiasikan, tetapi Indonesia siap bekerja sama dengan Federasi Perahu Naga Internasional (International Dragon Boat Federation/IDBF) untuk mendorong cabor itu masuk ke Olimpiade.


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Hanni Sofia
Copyright © ANTARA 2023