Bandung (ANTARA News) - Berdasarkan peninjauan oleh Kepolisian Resor Cimahi, jalur alternatif di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, telah siap digunakan untuk lalu lintas kendaraan mudik Lebaran.

"Secara umum jalur lalu lintas untuk operasi Ketupat Lodaya 2015 sudah siap dilalui pengguna jalan menjelang masa hari raya Idul Fitri," kata Kepala Polres Cimahi AKBP Dedy Kusuma Bhakti di Cimahi, Sabtu.

Ia mengatakan, jalur alternatif yang menjadi perhatian khusus yakni daerah perbatasan dengan Kabupaten Bandung Barat seperti Cianjur, Purwakarta dan Kota Cimahi dan Bandung.

Jalur alternatif itu, kata dia, digunakan untuk mengurangi kepadatan arus lalu lintas serta meminimalisasi angka kecelakaan selama diberlakukannya operasi Ketupat Lodaya yakni tujuh hari sebelum dan sesudah Lebaran.

"Ada empat jalur utama beserta alternatifnya yang masuk dalam pantauan wilayah hukum kami," katanya.

Ia menyebutkan, jalur utama yang menjadi pengawasan Polres Cimahi yakni Tol Purbaleunyi dengan jarak kurang lebih 32 KM pada ruas tol KM-100 dan KM-132.

Selanjutnya jalur Jakarta-Bandung lintas Bogor dan Cianjur dengan penekanan pengawasan sepanjang jalur Cipatat-Padalarang.

"Jalur lainnya dari Jakarta-Bandung via Purwakarta melewati ruas jalan Cikawet (Cikalong Wetan)-Padalarang," katanya.

Kapolres mengimbau kepada pengguna jalan agar selalu waspada saat mengendarai kendaraan dan senantiasa memeriksa kelayakan kendaraan sebelum berangkat.

Pihaknya juga mengimbau pengendara agar mentaati rambu-rambu lalu lintas dan mematuhi petunjuk serta arahan petugas di jalan raya.

"Kami juga mengimbau agar pengendara mengetahui medan jalan seperti jalur Purwakarta-Padalarang yang terdapat tanjakan turunan cukup tajam, serta berkelok, begitu juga jalur Cipatat," katanya.

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015