... TNI tidak mungkin meninggalkan NU. Sejak lama kita bersama, maka saat ini sangat senang bisa mendukung acara muktamar NU...
Surabaya (ANTARA News) - TNI siap mendirikan dapur umum untuk membantu konsumsi peserta muktamar guna mendukung sukses Muktamar NU ke-33 di Jombang, Jawa Timur, 1-5 Agustus.

"TNI akan berkoordinasi dengan panitia, komandan Koram dan kepala Polres agar distribusi konsumsi berjalan lancar," dalam keterangan resmi Kepala Penerangan Korem 082/CPYJ, Mayor Artileri Medan Imam Duhri, di Surabaya, Selasa.

Keterangan itu menyitir pernyataan Panglima Kodam V/Brawijaya, Mayor Jenderal TNI Eko Wiratmoko.

Selain dalam bentuk pengamanan, TNI siap mendukung muktamar dengan membangun dapur umum. "Sesuai dengan amanat Gus Ipul (wakil gubernur Jawa Timur, yang juga Ketua Panitia Daerah Muktamara NU) maka anggota kami siap mendirikan dapur umum," kata Wiratmoko.

Saat mendampingi gubernur Jawa Timur meninjau lokasi muktamar di Pesantren Mambaul Maarif Denanyar, Jombang (22/6), dia mengungkapkan lokasi dapur umum kemungkinan akan dipusatkan di Koramil atau markas Kodim Jombang.

"Untuk teknis pendistribusian makanan, TNI akan berkoordinasi dengan panitia. Tugas kita hanya memasak dan membungkus makanan. Kami juga siagakan dokter dan beberapa unit mobil ambulan," katanya.

Menurut dia, sejarah mencatat TNI dan NU selalu bersama-sama sejak masa penjajahan dan menumpas pemberontakan Gerakan 30 September. Ketika itu, TNI dan NU bahu-bahu menjaga kesatuan NKRI.

"TNI tidak mungkin meninggalkan NU. Sejak lama kita bersama, maka saat ini sangat senang bisa mendukung acara muktamar NU," kata Wiratmoko

Pewarta: Edy M Ya'kub
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015