Sidoarjo (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, menyediakan 25 armada bus gratis yang akan mengangkut pemudik dari Sidoarjo menuju berbagai kota di Jawa Timur.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Sidoarjo Joko Santosa, Senin, mengatakan bahwa bus mudik gratis tersebut akan melayani beberapa rute dan tujuan yang ada di Jawa Timur.

"Rute-rute tersebut di antaranya adalah Sidoarjo - Jombang - Kertosono - Nganjuk - Madiun. Selain itu juga ada rute lain seperti Sidoarjo - Jombang - Kediri - Tulingagung - Trenggalek," katanya.

Sementara untuk rute yang ada arah timur seperti Sidoarjo - Pasuruan - Jember - Lumajang dan terakhir menuju ke Banyuwangi.

"Para pemudik tersebut nantinya akan mulai diberangkatkan secara bersama-sama dari pendopo Kabupaten Sidoarjo pada tanggal 15 Juli mendatang menuju ke daerah masing-masing," katanya.

Ia mengatakan, saat ini pendaftaran mudik gratis ke beberapa kabupaten di Jawa Timur tersebut sudah dibuka di kantor Dinas Perhubungan Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur.

"Pendaftaran sudah dibuka sejak awal bulan Ramadhan lalu dan sampai sekarang pendaftaran tersebut masih dibuka sambil menunggu kuota bus sudah terisi sepenuhnya oleh para calon pemudik," katanya.

Menurutnya, untuk tahun ini pihaknya tidak menyediakan truk pengangkut sepeda motor yang digunakan oleh para pemudik gratis di Kabupaten Sidoarjo tersebut.

"Namun demikian, kami tetap memberikan layanan arus balik dari daerah tujuan masing-masing untuk menuju ke Sidoarjo atau juga ne ini ke Surabaya," katanya.

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015