Jakarta (ANTARA News) - Berbuka puasa biasanya dimulai dengan sesuatu yang manis seperti kurma dan berbagai macam jenis makanan dan minuman yang disajikan sebagai Ta'jil dalam berbuka puasa, namun tidak ada salahnya jika mencoba hidangan oriental untuk berbuka puasa.

Sebagian kaum muslim mungkin enggan menikmati hidangan oriental karena khawatir tidak halal, namun hal tersebut dapat disiasati dengan menghindari bahan-bahan yang tidak diizinkan untuk dikonsumsi menurut Islam.

Agar dapat dinikmati kaum muslim untuk berbuka puasa, Juru masak Tien Chao restoran, Chef Zumadi, mengaku tidak memasukkan bahan beralkohol dalam menu masakannya, salah satunya Wok Fried Australian Beef Tenderloin, yang biasanya dikombinasikan dengan arak.

Hal senada juga disampaikan Ratna Sjamsiar Idris, Director of Marketing Communication Gran Melia Jakarta. "Hidangan oriental dapat dimodifikasi menggunakan bahan-bahan tanpa arak, sehingga dapat menjadi alternatif sajian berbuka puasa saat Ramadhan," kata dia di Jakarta, Jumat.

Menu khas Kanton dan Sechuan lainnya seperti Wok fried vegetables with prawns dan Oriental Beef Fried Rice juga disajikan halal. Uniknya, hidangan ala negeri asal panda tersebut dapat disesuaikan dengan lidah orang Indonesia.

"Sechuan cenderung pedas, sedangkan Kanton manis, kedua ciri khas tersebut dapat dikombinasikan untuk disesuaikan dengan lidah orang Indonesia. Bagi mereka yang gemar pedas, dapat disiasati dengan potongan cabai," ujar Ratna.

Tidak hanya hidangan utama, makanan ringan khas oriental seperti lumpia dan dimsum, juga dapat dinikmati untuk menggantikan "gorengan", makanan ringan yang sering dikonsumsi saat berbuka puasa gorengan.

Sebagai alternatif berbuka puasa, Tien Chao restoran yang berlokasi di hotel Gran Melia Jakarta menyediakan "Breakfasting Chinese Set Menu" dengan 3 macam pilihan set menu. Untuk set menu 1, hidangan yang disajikan antara lain Slow Cooked Pumpkin and Seafood Soup, Sauteed Scallop US with X.O. sauce, Braised Bean Curd with mushrooms, Oriental Beef Fried Rice, dan Thai Coconut Pudding Served with Shanghai Pancake.

Sedangkan untuk Set Menu 2, hidangan yang disajikan antara lain Braised Seafood Mushroom Soup, Wok Fried Australian Beef Tenderloin, Wok Fired Glass Noodles with Sea Garupa fillet Thai style, Braised Spinach Beancurd with Mushrooms, Steamed Jasmine Rice dan Sago melon with pancake.

Sementara Menu 3, hidangan yang disajikan antara lain Asparagus soup with seafood, Crispy Farm Chicken, Steamed Sea Garupa fillet with black bean sauce, Wok fried vegetables with prawns, steamed jasmine rice, dan Tien Chao Mango Pudding.

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015