Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah diminta untuk mencegah kenaikan harga daging di sejumlah daerah menjelang Idul Fitri. 




Menurut Wakil Ketua Komisi VI DPR RI, Heri Gunawan, harga daging saat ini mengalami kenaikan yang tidak wajar. Seperti di Aceh, harga daging sapi mencapai Rp150 ribu/kg, di Medan Rp120 ribu/kg, dan Banten sebesar Rp125 ribu/kg.




Selanjutnya, di Pasar Cicahem Bandung harga daging sapi mencapai  Rp120.ribu /kg, di Surabaya Rp100 ribu/kg, Kalimantan Tengah Rp110 ribu/kg dan Makasar sekitar Rp90 ribu/kg. Kenaikan ini terjadi di seluruh NKRI.

 

“Pemerintah jangan diam saja melihat pergerakan harga daging sapi yang sudah gila-gilaan itu. Harus ada langkah konkret yang solutif. Daging sapi termasuk barang kebutuhan pokok yang harus tersedia sebagaimana amanat UU No. 17 Tahun 2014 tentang Perdagangan dan Perpres tentang Penetapan dan Penyimpanan Barang Kebutuhan Pokok dan Barang Penting,” kata Heri Gunawan di Gedung DPR RI, Jakarta, Kamis.  

 

Ditambahkannya, jika kenaikan harga daging sapi ini terus mengalami kenaikan tanpa bisa dicegah, bisa memicu inflasi karena alokasinya mendorong pengeluaran rumah tangga yang tinggi.  

 

“Jika Pemerintah sampai lengah, saya khawatir harga daging sapi akan lebih “gila-gilaan” karena permintaan terus naik. Sebagaimana prediksi yang ada, puncak kenaikan harga akan terjadi di minggu terakhir jelang lebaran,” kata politisi Partai Gerindra itu.

 

Adapun langkah yang bisa dilakukan pemerintah untuk mencegah terjadinya kenaikan harga daging sapi tersebut, Heri menyebutkan, Kementerian Perdagangan harus memastikan ketersediaan stok dan logistik daging sapi dalam posisi aman. 




“Tingkat keamanan stok ini sangat penting untuk menjaga kegiatan perdagangan nasional. Jangan sampai gangguan pasokan daging sapi berdampak pada terganggunya kegiatan perdagangan,” katanya

 

Kementerian Perdagangan, sebutnya, juga harus menjaga kondisi harga tetap di bawah harga acuan. 




“Kemendag wajib lakukan intervensi jika harga sudah di atas harga acuan yang ditetapkan,” sebut anggota DPR RI dari daerah pemilihan Jawa Barat IV

 

Kementerian Perdagangan harus segera melakukan koordinasi dengan Kementerian Pertanian dan Institusi terkait guna menjaga keamana stok, logistik, dan harga. Segera cari solusi terbaik. 




“Tidak boleh ada menteri yang jalan sendiri-sendiri. Cari solusi sama-sama. Jangan ada ego sektoral. Jadikan kepentingan rakyat yang sedang susah karena naiknya harga daging sebagai tujuan,” demikian Heri

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015