Kami tidak mengedepankan jumlah wisatawan yang berkunjung tetapi lebih pada kualitas layanan. Hingga Juni, sudah ada 400.000 wisatawan yang berkunjung
Yogyakarta (ANTARA News) - Tempat wisata edukasi Taman Pintar Yogyakarta terus berbenah untuk memberikan pelayanan terbaik kepada lebih dari 50.000 wisatawan yang diperkirakan akan memadati tempat wisata itu selama libur Lebaran.

"Kami perkirakan, jumlah pengunjung selama libur Lebaran bisa mencapai lebih dari 50.000 orang bahkan mungkin bisa mencapai sekitar 70.000 pengunjung," kata Kepala Kantor Pengelola Taman Pintar Yunianto Dwi Sutono di Yogyakarta, Sabtu.

Menurut dia, peningkatan jumlah wisatawan di Taman Pintar diperkirakan mulai terjadi pada H+2 atau mulai Minggu (19/7) dan terus berlangsung hingga Sabtu (25/7) karena siswa sudah akan kembali aktif masuk sekolah mulai Senin (27/7).

Yunianto mengatakan, perkiraan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Taman Pintar selama libur Lebaran tersebut merupakan perkiraan yang realistis karena lokasi tempat wisata yang berada di pusat kota sehingga dimungkinkan terdampak kemacetan dan terbatasnya lahan parkir selama libur Lebaran.

Selain itu, lanjut dia, luas Taman Pintar terbatas yaitu 1,2 hektare sehingga faktor keamanan dan kenyamanan pengunjung menjadi bahan pertimbangan yang harus selalu diperhatikan.

"Kami tidak mengedepankan jumlah wisatawan yang berkunjung tetapi lebih pada kualitas layanan. Hingga Juni, sudah ada 400.000 wisatawan yang berkunjung sehingga realisasi target kunjungan sudah sesuai rencana," katanya.

Pada hari H Lebaran, Taman Pintar juga akan tetap buka namun hanya setengah hari yaitu dimulai pada pukul 12.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB untuk pelayanan tiket. Sedangkan pada hari berikutnya sudah buka secara normal yaitu pukul 09.00 WIB hingga 16.00 WIB.

"Kami beri toleransi pengunjung berada di area Taman Pintar hingga pukul 17.00 WIB. Tidak ada kenaikan harga tiket selama libur Lebaran," katanya.

Beberapa persiapan yang dilakukan Taman Pintar untuk menyambut wisatawan saat libur Lebaran di antaranya tambahan wahana baru, pengecatan ulang dan pengaturan wahana.

"Misalnya perpindahan zona SNI yang dulunya berada di lantai tiga kini dipindah di lantai dua. Kami juga membenahi zona air kehidupan. Semua pekerjaan dijadwalkan selesai pada Senin (13/7)," katanya.

Selain empat wahana baru yang dimiliki Taman Pintar yaitu Sahabat Pemberani, Kota Pusaka, Kelistrikan dan Komunikasi, Taman Pintar memiliki tambahan wahana baru yaitu Sumber Daya Air dan wahana Melek Gizi.

"Kami juga siapkan petugas dan pengaturan lalu lintas di depan Taman Pintar. Kami tidak akan memberikan jalan untuk kendaraan dari arah timur. Pengaturan ini dilakukan agar lalu lintas tetap lancar dan pengunjung yang menyeberang dari Taman Parkir Senopati lebih aman," katanya.

Pewarta: Eka Arifa Rusqiyati
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2015