Bakauheni, Lampung (ANTARA News)  - Pemudik bersepeda motor terus memadati Jalan Lintas Sumatera dari Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni, Lampung Selatan ke Kota Bandarlampung, Senin.

Kendati telah diimbau mudik tidak menggunakan sepeda motor ternyata masih banyak yang memilih tetap mudik bersepeda motor.

Dari pantauan Antara, para pemudik bersepeda motor itu, umumnya berboncengan, di antaranya membawa serta anak yang masih balita duduk di bagian tengah sepeda motor masing-masing.

Umumnya pemudik bersepeda motor itu berjalan beriringan dalam konvoi bersama, puluhan hingga belasan sepeda motor, selepas keluar dari terminal Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni ke tujuan masing-masing.

Pemudik bersepeda motor itu membawa serta barang-barang yang digantungkan di sepeda motor atau ditenteng oleh penumpang yang duduk di belakangnya.

Dalam perjalanan, pemudik bersepeda motor itu mendapatkan pengawalan dari aparat Polres Lampung Selatan dan jajaran kepolisian pada jalur mudik yang mereka lalui.

Petugas kepolisian bermobil dan bersepeda motor besar, terlihat berlalu-lalang dan bersiaga di sepanjang Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) sepanjang Bakauheni hingga Bandarlampung.

Selain mengawal pemudik bersepeda motor itu, polisi juga bersiaga pada sisi kiri dan kanan Jalinsum, termasuk pada banyak posko pengamanan dan pelayanan pemudik yang berada bertebaran di sepanjang Jalinsum.

Sepanjang Jalinsum nyaris dipenuhi posko pengamanan dan pelayanan pemudik, selain posko kepolisian, juga Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, dan posko organisasi sosial, organisasi kemasyarakatan, dunia usaha, maupun ormas dan organisasi politik (parpol).

Para pemudik bersepeda motor itu, menggunakan kesempatan beristirahat selain di "rest area" yang tersedia pada jalur Jalinsum, juga memilih beristirahat di masjid, rumah makan, maupun stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBBU) yang terdapat di Jalinsum daerah Lampung ini.

Sejumlah pemudik bersepeda motor itu, di antaranya beristirahat sambil makan dan minum, mengingat sebagian mereka tidak berpuasa selama menjalani arus mudik Lebaran 2015 ini.

Pemudik sepeda motor itu mendapatkan pengawalan polisi secara estafet, setelah turun dari kapal feri dari Pelabuhan Bakauheni hingga mencapai perbatasan wilayah kabupaten Lampung Selatan ini.

Pewarta: Budisantoso Budiman & Agus S
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2015