Jakarta (ANTARA News) - Kepadatan lalu lintas dan aktivitas warga ibukota semakin menurun jelang Idul Fitri. Di sejumlah ruas jalan utama Jakarta, Rabu, kepadatan lalu lintas jauh berkurang dibandingkan hari-hari sebelumnya.

Ruas Jalan Warung Buncit, Jalan Mampang hingga Jalan HR Rasuna Said Jakarta Selatan tidak tampak antrian kendaraan sebagaimana yang selalu terjadi hari-hari sebelumnya.

Demikian juga ruas Jalan TB Simatupang, Jalan Cilandak KKO hingga Jalan Ampera Raya volume kendaraan menurun drastis dibandingkan hari biasa.

Berkurangnya volume lalu lintas antara lain karena aktivitas pekerja kantor berkurang.

"Saya rencananya akan pulang ke Bandung pada pukul 12.00 WIB siang ini," kata Dodi (44) karyawan swasta yang berkantor di kawasan Jalan Ampera, Jakarta Selatan.

Ia mengatakan, sehari menjelang cuti bersama dimulai pada Kamis (16/7) mendatang, tetap masuk kerja namun meminta izin untuk bekerja hanya setengah hari.

Sama seperti Dodi, Aryo (39) karyawan yang berkantor di kawasan Mega Kuningan juga telah mengambil cuti dan berencana pulang ke Bandung.

"Saya berangkat pagi ini bersama keluarga hingga pekan depan," katanya.

Sementara itu sejumlah karyawan swasta masih bekerja seperti biasa hingga Rabu (15/7).

"Hari ini saya masih bekerja. Rabu ini merupakan hari terakhir sebelum besok cuti bersama hingga pekan depan," kata Prima (35) karyawan yang berkantor di kawasan Rasuna Said.

Senada dengan Prima, Hermawan (44) karyawan yang berkantor di kawasan Jalan Sudirman juga masih bekerja hingga satu hari menjelang cuti bersama.

Aktivitas masyarakat yang masih berada di Jakarta, dari pantauan Antara sebagian besar di pusat perbelanjaan seperti Tanah Abang, mal-mal dan juga pasar tradisional.

Kegiatan masyarakat di pusat perbelanjaan tersebut cenderung meningkat pada sore hari menjelang buka puasa. Selain membeli barang kebutuhan pokok, masyarakat juga membeli pakaian dan perlengkapan lainnya yang akan digunakan saat merayakan lebaran.

Pewarta: Panca Hari Prabowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2015