Bapak Presiden merasa takjub saat mendengar penjelasan dan melihat langsung Kapal PLTD Apung ..."
Banda Aceh (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana beserta rombongan yang didampingi Gubernur Aceh Zaini Abdullah mengunjungi salah satu situs tsunami di Banda Aceh, yakni Pembangkit Listrik Tenaga Disel (PLTD) Apung.

Presiden dan rombongan yang baru tiba kembali ke Banda Aceh sekitar pukul 15.55 WIB dari Bandara Cut Nyak Dhien, Kabupaten Nagan Raya, setelah melakukan kunjungan kerja ke Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, langsung menuju ke PLTD Apung di Gampong/desa Punge Blang Cut, Kecamatan Jaya Baru, Kota Banda Aceh.

"Bapak Presiden merasa takjub saat mendengar penjelasan dan melihat langsung Kapal PLTD Apung yang terdampar di pemukiman warga," kata pemandu PLTD Apung, Gibran di Banda Aceh, Kamis usai menerima kunjungan Presiden Jokowi dan rombongan.

Ia mengatakan, Presiden Jokowi mendengarkan kisah PLTD Apung seberat 2.600 ton yang terbawa sampai lima kilo meter dari bibir pantai Ulee Lheue ke permukiman warga tepatnya di Gampong Punge Blang Cut, Kecamatan Jaya Baru, Kota Banda Aceh saat gempa yang terjadi pada 26 Desember 2004.

"Saya merasa sangat terkejut dan tidak memiliki persiapan khusus, sebab jadwal kedatangan Bapak Presiden ke PLTD Apung Jumat (17/7) setelah melakukan Shalat Idul Fitri di Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh. Namun beliau datang lebih awal," katanya, sambil berdecak kagum lantaran bisa bertemu langsung dengan orang nomor satu di Republik Indonesia.

Dalam kunjungan tersebut Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana juga turut didampingi diantaranya Menteri Koordinator Perekonomian Sofyan Djalil dan Menteri Agraria, Tata Ruang/Kepala BPN Ferry Mursyidan Baldan, Kapolda Aceh Irjen Pol Husein Hamidi, Pangdam Iskandar Muda Mayjen TNI Agus Kriswanto dan Karo Umum Setda Aceh T Aznal Zahri.

Presiden Jokowi yang mengenakan stelan baju putih lengan panjang juga membagikan buku dan baju kepada anak-anak di sekitar lokasi PLTD Apung yang dating ke lokasi kunjungannya.

Karo Umum SetdaAceh T Aznal Zahri mengatakan Presiden ingin melihat langsung situs tsunami dan melihat ibu kota Provinsi Aceh, yakni Banda Aceh.

"Kunjungan beliau dijadwalkan akan dilakukan pada Jumat setelah Shalat Idul Fitri 1436 Hijriah. Pak Presiden besok juga akan mengunjungi kembali PLTD Apung dan akan melakukan kegiatan yang sama seperti yang dilakukan di Meulaboh seperti membagikan paket sembako, baju kaos dan buku " kata Aznal.

Presiden Jokowi akan berada di provinsi ujung paling barat Indonesia itu dari tanggal 15 sampai 17 Juli 2015.

Selama berada di Aceh, Presiden Jokowi melakukan kegiatan di dua daerah, yakni di Maulaboh, Aceh Barat dan Banda Aceh.

Pewarta: Muhammad Ifdhal
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2015