Medan (ANTARA News) - Arus balik pada H+2 Lebaran di jalur timur Sumatera Utara dari Kabupaten Asahan hingga Kota Medan terlihat ramai lancar.

Pantauan Antara Medan pada Minggu malam, kendaraan yang melintas di salah satu jalur utama di Sumatera Utara tersebut lebih banyak yang menuju Kota Medan.

Meski kondisinya cukup ramai, namun sebagian kendaraan yang melintas tersebut dapat menempuh perjalanan dengan kecepatan 60 km per jam.

Kepadatan kendaraan yang mengarah kemacetan terlihat di Pasar Indrapura, Kecamatan Air Putih, Kabupaten Batubara disebabkan banyaknya aktivitas masyarakat.

Potensi kemacetan juga terlihat ketika memasuki Kota Tebing Tinggi disebabkan banyaknya masyarakat yang keluar dari lokasi pemandian.

Kemudian, kepadatan lalu lintas juga terlihat menjelang Tugu Beo dan perlintasan rel kereta api di Kota Tebing Tinggi.

Kemacetan lalu lintas baru terlihat di Pasar Bengkel, Kabupaten Serdang Bedagai karena menjadi lokasi pembelian oleh-oleh dan adanya perlintasan kereta api.

Kemacetan terparah terjadi menjelang perlintasan kereta api hingga persimpangan di kota Lubuk Pakam, Kabupaten Deli Serdang dengan antrean kendaraan sekitar 5 km.

Selain banyaknya kendaraan yang melintas di persimpangan, adanya beberapa kendaraan yang mogok juga memperparah kemacetan lalu lintas tersebut.

Sedangkan kepadatan yang hampir menyebabkan kemacetan terjadi mendekati persimpangan menuju Bandara Kualanamu hingga gerbang tol di Kecamatan Tanjung Morawa.

Hingga mendekati pukul 23.30 WIB, kepadatan di persimpangan menuju Bandara Kualanamu tersebut masih terus berlangsung.

Pewarta: Irwan Arfa
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015