Sukabumi (ANTARA News) - Arus lalu lintas menuju objek wisata di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, seperti Palabuhanratu, padat oleh wisatawan yang ingin menghabiskan masa libur Idul Fitri 1436 Hijriah.

Berdasar pantauan di lokasi objek wisata pada Minggu sekitar pukul 18.00 WIB, kepadatan kendaraan terjadi mulai dari Kecamatan Warungkiara hingga objek wisata Palabuhanratu. Mayoritas kendaraan yang menuju objek wisata tersebut adalah kendaraan pribadi dan mobil bak terbuka yang mengangkut wisatawan dari berbagai daerah.

Selain itu, konvoi kendaraan roda dua dari arah Jabodetabek pun ikut menambah kepadatan arus lalu lintas yang diprediksi malam ini adalah puncak kedatangan wisatawan dari berbagai daerah tetangga Kabupaten Sukabumi.

Informasi dari pihak Satlantas Polres Sukabumi hingga saat ini tidak ada laporan adanya kecelakaan lalu lintas yang menyebabkan jatuhnya korban jiwa.

"Untuk antisipasi kemacetan panjang atau penumpukan kendaraan, kami melakukan berbagai upaya salah satunya merekayasa jalan menuju dan keluar objek wisata Palabuhanratu," kata Kasatlantas Polres Sukabumi, AKP R Erik Bangun Prakasa kepada Antara di Palabuhanratu, Minggu.

Menurut dia, rekayasa jalan tersebut seperti di Pusat Palabuhanratu, untuk kendaraan menuju objek wisata diarahkan menggunakan jalur utama dan untuk yang keluar kendaraan diarahkan menuju Gunung Butak, Kecamatan Palabuhanratu.

Selain itu, untuk di wilayah Kecamatan Cikembar yang juga penghubung jalur menuju objek wisata Palabuhanratu kendaraan-kendaraan yang kembali dialihkan menuju jalur PLUT dan yang menuju Palabuhanratu masih menggunakan jalur utama.

Dari pantuan pihaknya, arus lalu lintas masih padat tetapi tidak sampai terjadi kemacetan total atau tidak bergerak sama sekali. Bahkan kendaraan dari arah Palabuhanratu relatif lancar, karena mayoritas kendaraan menuju Palabuhanratu dan hingga saat ini belum ada laporan kecelakaan lalu lintas yang menyebabkan jatuhnya korban jiwa.

"Ratusan anggota polisi sudah kami terjunkan di lokasi-lokasi rawan kemacetan seperti di pertigaan atau persimpangan, kemudian tanjangan dan jembatan," katanya.

Untuk mengurai arus lalu lintas, Kapolres Sukabumi, AKBP M Ridwan pun langsung turun tangan ikut mengatur dan memantau arus lalu lintas dari kedua arah di sekitar objek wisata hingga Pos Elang di Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi.

Pewarta: Aditya A Rohman
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015