... harus diusut karena insiden itu menyebabkan satu anggota Brimob meninggal dunia dan dua anggota Polri lain luka-luka, termasuk Kepala Polres Ambon, AKBP Komaruz Zaman...
Ambon (ANTARA News) - Kepala Kepolisian Indonesia, Jenderal Polisi Badrodin Haiti, menginstruksikan Polda Maluku bersama Polres Ambon dan Pulau-Pulau Lease mengusut tuntas oknum pelaku pelemparan bom rakitan yang mengakibatkan satu anggota Brimob meninggal dunia.

"Pelakunya harus diusut karena insiden itu menyebabkan satu anggota Brimob meninggal dunia dan dua anggota Polri lain luka-luka, termasuk Kepala Polres Ambon, AKBP Komaruz Zaman," kata Haiti, di Ambon, Senin.

Haiti katakan itu usai melayat jenazah Brigadir Dua Polisi Faisal Lestaluhu beserta keluarga korban di rumah duka, Negeri Tulehu, Kecamatan Salahutu (Pulau Ambon), Kabupaten Maluku Tengah.

Dia --dalam kunjungan singkat ke Ambon itu-- juga memberikan penghargaan kepada almarhum berupa kenaikan pangkat satu tingkat menjadi brigadir satu polisi anumerta ketika mengamankan bentrokan antara warga Mamala dan Morela, Kecamatan Leihitu (Pulau Ambon) Kabupaten Maluku Tengah sejak Minggu, (19/7).

Bentrokan antara dua negeri bertetangga ini dipicu penemuan jasad Arsyad Malawat (40), di dalam hutan.

Kemudian Zaman berupaya membawa satu tersangka berinisial JS yang diduga sebagai pelaku pembacokan almarhum Malawat, tetapi dihadang warga setempat yang tidak rela dengan penangkapan tersebut.

Warga kemudian sengaja membarikade jalan untuk menghalangi iring-iringan mobil Zaman dan komandan Kodim Pulau Ambon, dan upaya itu juga disertai pelemparan bom rakitan sehingga melukai Zaman dan satu anak buahnya.

Pecahan bom rakitan itulah yang lalu melukai secara parah Lestaluhu, sampai akhirnya dia meninggal dunia. 

Insiden Mamala-Morela juga mengakibatkan sekitar tujuh orang warga luka-luka.

Guna mengantisipasi pertikaian ini semakin berlarut-larut, Polres Ambon dan PP Lease telah menambah kekuatan aparat keamanan di sana yang terdiri dari 40 anggota Polres, satu peleton Brimob, serta dua satuan setingkat kompi dari Batalion Infantri 732 dan Batalion Infantri 733/Kabaresi.

Pewarta: Daniel Leonard
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015