Sydney (ANTARA News) - Kiper Mat Ryan pindah dari Club Brugge ke klub Liga Spanyol Valencia dengan ikatan kontrak enam tahun.

Pemain internasional Australia itu menjadi pelapis bagi Diego Alves yang cedera.

Pemain 23 tahun tersebut memenangi penghargaan Kiper Terbaik Liga Belgia pada dua musimnya di Brugge.

Menjadi kiper terbaik pada Piala Asia lalu pindah ke Valencia merupakan langkah bagus bagi pemain Mat Ryan,  yang memulai karirnya di Blacktown City di Sydney barat.

Valencia tidak akan diperkuat Alves sampai akhir tahun karena cedera lutut yang dideritanya pada hari terakhir musim lalu.

"Bukan tugas yang mudah untuk mengincar kiper level Liga Champions," kata ketua klub Lay Hoon Chan pada rilis pers Valencia.

"Mathew memang masih muda namun ia ambisius dan merupakan pemain dengan potensi besar. Oleh karena itu, ia memiliki pengalaman di Eropa dan di level internasional, termasuk pada Piala Dunia 2014. Kami percaya ia akan menghadirkan dampak besar di Valencia CF."

Ryan melakukan debut internasionalnya pada akhir 2012 dan mewakili negaranya pada ketiga pertandingan di Piala Dunia tahun lalu di Brazil.

"Saya tahu bahwa klub merupakan institusi yang sangat penting di dunia sepak bola, dan kepindahan ini merupakan langkah besar dalam karir profesional saya," kata Ryan.

"Tentu saja, saya mengikuti Valencia CF di Liga Spanyol musim lalu. Mereka adalah tim dengan pemain-pemain fantastis, yang menjalani musim yang hebat dan menduduki peringkat keempat di liga. Tujuan utama kami sekarang adalah untuk lolos ke Liga Champions."

Valencia akan memasuki putaran playoff Liga Champions, bersama Manchester United, Bayer Leverkusen, Lazio, Sporting Lisbon, dan lima klub dari putaran kualifikasi ketiga bulan depan.

(Uu.SYS/C/H-RF/C/A016)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2015