Jakarta (ANTARA News) - Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Yuddy Chrisnandi, mengatakan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) DKI Jakarta akan menjadi panutan untuk daerah lainnya.

"DKI akan jadi role model untuk Badan Pelayanan Terpadu Satu Pintu lainnya di berbagai daerah agar setidaknya memiliki sistem yang sama, responsif," kata Chrisnandi, usai inspeksi mendadak di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (22/7).

Ia berharap agar BPTSP di daerah lain juga dapat menerapkan sistem online, dalam jaringan, sehingga perizinan dapat dipantau melalui situs.

Bila pun belum menerapkan sistem online, ia ingin agar pelayanan di daerah benar-benar hanya melalui satu pintu.

"Jangan sampai perizinan seolah satu pintu tapi jendelanya banyak, akan merepotkan publik," kata dia. BPTSP harus betul-betul memberikan pelayanan yang baik ke masyarakat dan responsif.

Selain itu, salah satu agenda reformasi birokrasi nasional adalah perubahan mentalitas, seperti disiplin dan loyalitas yang lebih baik.

"Implikasi dari disiplin adalah pelayanan publik yang lebih baik," kata dia.

DKI Jakarta sebagai parameter pemerintahan pusat, bila kinerja aparatur pemerintahannya baik, akan dapat memberi contoh bagi daerah lainnya.

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015