Jakarta (ANTARA News) - Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Tiongkok / Chairman of the National Commitee of the Chinese People's Political Consultative Conference ( CPPCC ) dan delegasi mengunjungi pelabuhan-pelabuhan di Surabaya, Sabtu.

"Saya menjemput dan menemani Ketua Parlemen Tiongkok dan delegasi terutama melihat pelabuhan di sini dan dilanjutkan nanti di temani oleh Gubernur Jatim," ujar Ketua MPR RI Zulkifli Hasan dalam siaran pers, Sabtu.

Delegasi parlemen Tiongkok rencananya akan mengunjungi pelabuhan Tanjung Perak, pelabuhan peti kemas Tanjung Perak, mengunjungi Gubernur Jatim, mengunjungi pabrik kopi dan Museum Majapahit.

"Mengapa di Surabaya, sebab Tiongkok melihat Surabaya adalah salah satu wilayah Indonesia yang sangat cepat kemajuannya. Perekonomian Surabaya sangat pesat. Itulah yang membuat mereka ingin melakukan lawatan pertama kali ke Surabaya," katanya.

Zulkifli mengatakan hubungan antara Indonesia dan Tiongkok yang sudah terjalin baik di berbagai bidang, terutama soal lnvestasi dan pembangunan, harus ditingkatkan.

Pertemuan antara ketua parlemen dari Indonesia dan Tiongkok akan membicarakan soal penguatan kerja sama yang menguntungkan bagi kedua pihak. Mereka juga akan membahas wacana seputar investasi, infrastruktur perekonomian hingga tenaga kerja.

Setelah Surabaya, delegasi Tiongkok akan melanjutkan perjalanan ke Jakarta untuk mengunjungi Pimpinan MPR, DPR dan DPD RI, Masjid Istiqlal dan Museum Nasional.

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015