Kudus (ANTARA News) - Acara silaturahim Idul Fitri yang digelar di Pendopo Kabupaten Kudus tahun ini memiliki warna yang berbeda, karena juga dihadiri para tokoh lintas agama.

Tokoh lintas agama yang ikut hadir pada acara halal bi halal yang digelar pada Rabu (22/7), yakni tokoh dari agama Kristen, Hindu, Budha, Konghucu, serta tokoh dari sedulur sikep atau samin.

Halal bi halal tersebut, juga dihadiri ribuan pegawai negeri sipil (PNS) yang bergantian memasuki pendopo untuk berjabat tangan dengan Bupati Kudus Musthofa serta jajarannya.

Bupati Kudus Musthofa mengungkapkan, acara halal bi halal tahun ini memang berbeda dengan tahun sebelumnya.

Tahun ini, lanjut dia, Pemkab Kudus mengundang seluruh umat agama lain.

Hal itu, kata dia, sebagai bentuk toleransi antarumat beragama seperti halnya yang diwariskan oleh Sunan Kudus yang mengajarkan toleransi antar umat beragama.

"Kami yakin semua agama mengajarkan yang terbaik. Mudah-mudahan, acara silaturahmi ini bisa menjadi contoh daerah lain," ucapnya.

Pada kesempatan tersebut, dia menyampaikan, apreasiasinya karena pemuka agama lain yang ada di Kudus, termasuk tokoh sedulur sikep juga bersedia memenuhi undangan pemkab.

Suparno yang merupakan tokoh dari agama Budha yang juga pengurus forum lintas agama mengaku, senang diundang pada acara halal bi halal yang digelar Pemkab Kudus.

Apalagi, lanjut dia, kegiatan tersebut juga bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi antarumat beragama.

Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2015