Banda Aceh (ANTARA News) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat di Provinsi Aceh untuk mewaspadai gelombang tinggi yang berpotensi terjadi di perairan Aceh dalam beberapa hari ke depan.

"Kami memperkirakan gelombang tinggi berpeluang terjadi di perairan Aceh dan samudera Hindia barat Pulau Simeulue," kata Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Blang Bintang, Aceh Besar, Zakaria dihubungi di Banda Aceh, Sabtu.

Ia menjelaskan tinggi gelombang di perairan Sabang dan Banda Aceh diperkirakan 2.0 sampai 2,5 meter, tinggi gelombang perairan Utara dan Timur Aceh diperkirakan 1.2 sampai 1.5 Meter.

Sedangkan tinggi gelombang laut di perairan Barat dan Selatan Provinsi Aceh itu diperkirakan 1.5 sampai 2.0 meter.

Menurut Zakaria, secara umum perkiraan cuaca di provinsi ujung paling barat Indonesia itu yang berlaku hingga 10 Agustus 2015 berpotensi hujan ringan.

Ia menyebutkan angin ketinggian permukaan sampai 3000 feet umumnya bertiup dari arah Barat Daya dengan kecepatan 05 sampai 38 km/ jam.

Pihaknya juga meminta masyarakat di provinsi berpenduduk sekitar 4,5 juta jiwa itu mewaspadai peluang pertumbuhan awan dan hujan disertai badai Guntur dapat terjadi Perairan Sabang-Banda Aceh dan Perairan Simeulu-Meulaboh.

Pewarta: Muhammad Ifdhal
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2015