Jakarta (ANTARA News) - Hari kedua, antusiasme pengunjung Pameran Produksi Indonesia (PPI) 2015 di Surabaya terus meningkat.

Pengunjung pada hari pertama mencapai 3.614 orang, sedangkan hari kedua jumlahnya sebanyak 5.085 orang.

“Kenaikan pengunjung cukup signifikan tersebut karena banyaknya kunjungan dari siswa SMP, SMA, perguruan tinggi, Dinas Perindag Jawa Timur, delegasi Kementerian/Lembaga yang tergabung dalam Bakohumas dan komunitas,” kata Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Perindustrian Hartono melalui siaran pers di Jakarta, Sabtu.

Hartono meyakini, pengunjung pada hari ketiga, Sabtu (8/8) akan lebih memadati pameran yang dibuka untuk umum pukul10.00 –21.00 WIB, karena merupakan akhir pekan (malam minggu).

“Mereka yang datang, tidak hanya dari kota Surabaya, melainkan kota-kota besar seperti Jakarta, Yogyakarta, Lampung dan Bali. Bahkan, ada yang berasal dari negara Malaysia, Singapura, Australia, dan Jepang, kata Hartono.

Hartono menambahkan, harus diakui, produk unggulan dalam negeri saat ini mampu bersaing dengan produk luar negeri.

Hal tersebut didukung dari berbagai komentar pengunjung, seperti yang disampaikan oleh Michael (37) asal Australia, yang baru mengetahui produk-produkIndonesia banyak yang berkualitas dan trendy.

“Saya di sini sedang ada kegiatan bisnis, dan mendapatkan informasi pameran ini dariteman di Surabaya, jadi saya penasaran mau datang. Ternyata luarbiasa, produk-produk Indonesia yang ditampilkan di PPI 2015 ini banyak yang berkelas, unik, dan modern, seperti pada produkfashion, kerajinan, dan perhiasan," ujarnya.

Di samping itu, Heru Santoso (51) yang datang bersama isteri dari Yogyakarta merasa bangga dengan kemampuan anak bangsayang telah menciptakan produk-produk unggulan berbasis teknologitinggi dengan pengembangan desain yang inovatif dan kreatif.

“Saya sendiri baru mengetahui ada perusahaan dalam negeri seperti Info global, yang berkompeten dalam bidang informasi dan teknologi dengan salah satu produknya adalah avionik,” ujarnya. Avionik merupakan peralatan elektronik yang mencakup seluruh sistem komunikasi, navigasi dan persenjataan pada pesawat terbang, di mana produk tersebut telah digunakan di sebagian pesawattempur milik TNI-AU dan diekspor ke Malaysia.

Selain itu, produk unggulan lainnya yang banyak diperhatikanpara pengunjung PPI 2015 adalah mobil listrik Elvi-ElectrictVehicle Indonesia, yang diproduksi oleh PT Great Asia Link, anakusaha PT Bukit Jaya Abadi asal Gresik. Mobil listrik ini ramah lingkungan (zero emission) dan harganya cukup terjangkau dengan berbagai pilihan model sesuai kebutuhan.

Pameran yang diselenggarakan oleh Pusat Komunikasi Publik Kementerian Perindustrian tersebut akan berlangsung hingga Minggu 9 Agustus 2015 di Grand City, Surabaya.

Kegiatan ini diikuti sebanyak 150 peserta dengan menampilkan berbagai produk unggulan, di antaranya mobil buatan dalam negeri, furnitur, alat kesehatan dan alat industri pertahanan, elektronika dan peralatan rumah tangga.

Selain itu juga alat musik dan olahraga, herbal dankosmetik, makanan dan minuman, batik dan tenun, serta perhiasan dan kerajinan, serta hasil litbang Balai-Balai di lingkungan Kementerian Perindustrian.

“Ayo, kunjungi dan beli produk-produk Indonesia yang berkualitas dengan desain terbaru di PPI 2015!,” tegas Hartono.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2015