Saya minta tolong kepada seluruh bupati, wali kota se Indonesia sesegera mungkin mengeluarkan SPA kepada Divre Bulog supaya per 1 September raskin terdistribusi merata,"
Lebak (ANTARA News) - Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa memerintahkan agar kepala daerah segera mengeluarkan Surat Perintah Alokasi (SPA) sehingga beras bagi warga miskin (raskin) segera didistribusikan pada September mendatang untuk mengatasi kekeringan.

"Saya minta tolong kepada seluruh bupati, wali kota se Indonesia sesegera mungkin mengeluarkan SPA kepada Divre Bulog supaya per 1 September raskin terdistribusi merata," kata Mensos di Lebak, Banten, Sabtu.

Mensos meninjau subdivre Bulog Kabupaten Lebak untuk mengecek ketersediaan raskin guna memastikan stoknya aman.

Berdasarkan laporan Bulog, stok raskin saat ini sebanyak 1,5 juta ton sehingga dipastikan persediaannya mencukupi dan aman.

"Saya cek di subdivre Lebak cukup aman sampai tiga bulan ke depan sementara September ini sudah panen raya jadi akan ada penyerapan gabah dari petani, artinya stok raskin aman," katanya.

Sementara kebutuhan raskin selama setahun kurang lebih sekitar 2,7 juta ton, tapi dengan masuknya musim panen maka kebutuhan tersebut bisa dipenuhi.

"Bila ada kekhawatiran akan kemarau panjang yang terjadi yang berdampak pada stok raskin, itu janganlah dikhawatirkan lagi karena stok raskin aman," ujar Mensos.

Sejumlah daerah mengalami kekeringan akibat dampak kemarau dan pengaruh El Nino. Berdasarkan data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) bahkan sebagian besar wilayah di Pulau Jawa berwarna coklat atau mengalami kekeringan.

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015