London (ANTARA News) - Gol bunuh diri Kyle Walker membawa Manchester United memulai musim Liga Utama Inggris dengan kemenangan 1-0 atas Tottenham Hotspur, di Old Trafford pada hari pembukaan Sabtu.

Bek kanan Inggris itu memasukkan bola ke gawangnya sendiri pada menit ke-22, mengejar bola untuk mencegah Wayne Rooney menyambar umpan silang Ashley Young, namun ia justru mengarahkan bola ke gawangnya sendiri.

United memberikan debut pertandingan kompetitif kepada Sergio Romero, Matteo Darmian, Morgan Schneiderlin, dan Memphis Depay, sedangkan Bastian Schweinsteiger masuk sebagai pemain pengganti pada babak kedua ketika ia menjadi pemain Jerman pertama yang memperkuat klub itu.

"Pertama kali Anda bermain di Old Trafford selalu sulit, namun saya menyukai penampilan (para pemain), khususnya Darmian," kata pelatih MU, Louis van Gaal, yang merayakan ulang tahun ke-64nya, kepada BT Sport.

Perihal kiper David de Gea, yang dibangku cadangkan di tengah ketertarikan dari Real Madrid, Van Gaal menambahi, "Ia merupakan pemain terbaik kami dalam dua musim silam, terpilih oleh para penggemar, maka kami tidak dapat membiarkan ia hengkang dengan mudah."

Spurs melakukan awal yang bagus di bawah sinar matahari Salford, Christian Eriksen melepaskan sepakan voli yang melambung di atas mistar dari operan Harry Kane, namun mereka kemudian dipaksa lebih banyak bertahan menyusul gol bunuh diri Walker.

Bagaimanapun, United gagal mengambil keuntungan penuh, di mana Young menjadi satu-satunya pemain yang melepaskan tembakan ke gawang, dan Eriksen memaksa Romero --yang menggantikan de Gea-- untuk melakukan dua penyelamatan gemilang pada fase akhir pertandingan.

Chelsea akan mulai mempertahankan gelar mereka dengan menjamu Swansea pada Sabtu malam.

Leicester City mendapati diri mereka memuncaki klasemen setelah pemain sayap asal Aljazair Riyad Mahrez menginspirasi mereka untuk menang 4-2 atas tamunya Sunderland di Stadion King Power.

Setelah Marc Albrighton memberi umpan kepada Jamie Vardy untuk mencetak gol tandukan kepala pada menit ke-11, Mahrez mencetak gol dengan tandukan dari umpan silang lain kiriman Albrighton, dan kemudian menambahi penalti untuk membawa Leicester unggul 3-0 saat pertandingan baru berlangsung 25 menit.

Jermain Defoe dan Steven Fletcher mencetak gol untuk Sunderland pada babak kedua, namun gebrakan cerdik dari Albrigton membuat Leicester mengendalikan permainan.

Watford menjadi tim promosi terbaik, dengan bermain imbang 2-2 dengan Everton di Goodison Park.

Namun mereka dua kali menyia-nyiakan keunggulan, dengan gol-gol dari Miguel Layun dan pemain pengganti Odion Ighalo dibatalkan oleh Ross Barkley dan Arouna Kone.

Pertandingan divisi teratas perdana sepanjang 116 tahun sejarah Bournemouth berakhir dengan kekalahan 0-1 dari Aston Villa, yang kemasukan karena tandukan penyerang baru mereka Rudy Gestede pada menit ke-72.

Norwich City, yang promosi via playoff pada Mei, kalah 1-3 di kandang dari tamunya Crystal Palace.

Wilfried Zaha dan Damien Delaney membawa tim tamu memimpin sebelum pemain pengganti Nathan Redmond menyumbang gol untuk Norwich, namun bintang Palace Yohan Cabaye mengamankan kemenangan timnya menjelang pertandingan usai.

Arsenal menjamu West Ham United dan Liverpool melawat ke markas Stoke City pada Minggu, di mana runner up liga musim lalu Manchester City membuka musim dengan bermain di markas West Bromwich Albion pada Senin.

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015