London (ANTARA News) - Mantan manajer Manchester United Alex Ferguson kembali mengatakan dia tidak akan menjual "virus" ke Real Madrid yang tak terkecuali Cristiano Ronaldo, meskipun raksasa Liga Spanyol itu biasanya mendapatkan apa yang mereka inginkan.

Sejak akhir musim lalu penjaga gawang United dari Spanyol David De Gea telah diburu untuk menjadi pengganti Iker Casillas yang bergabung dengan Porto setelah 16 tahun membela Bernabeu.

Di tengah musim Liga Utama Inggris sudah mulai, De Gea tetap pemain United, kendati dia tidak diturunkan saat laga perdana melawan Tottenham Hotspur Sabtu pekan lalu.

United tidak menjual asset-aset utamanya sehingga cerita penjaga gawang paling hebat di Eropa itu tengah mengepak sarung tangannya untuk bermain bagi sebuah klub yang mereka anggap rivalnya adalah sangat salah.

Louis van Gaal sibuk mempertajam line-up United selama musim panas ini dengan royal mengeluarkan dana besar untuk membeli para pemain seperti striker PSV Eindhoven Memphis Depay, Bastian Schweinsteiger dari Jerman, gelandang Southampton asal Prancis Morgan Schneiderlin dan bek Torino Matteo Darmian.

Mereka semua melakukan debutnya saat United menang 1-0 dari Spurs, bersama dengan penjaga gawang Spanyol Sergio Romero yang pindah ke Old Trafford dari Sampdoria.

Kendati Romero bermain bagus, tapi itu tidak mengalihkan perhatian orang dari cerita tentang De Gea yang mengancam akan membayangi kemajuan awal musim United.

"Anda tak bisa menyaksikan United memburu gelar juara tanpa kiper yang pasti dan pada awal musim ini (Louis van Gaal) tidak mengetahui siapa yang akan menjadi Nomor  1," kata mantan manajer Timnas Inggris Glenn Hoddle kepada Daily Mail.

"United memegang kartu yang membuat mereka tidak harus menjual. Jika dia tetap ketika jendela transfer tutup, dia akan menyerah dan bermain sebagai pemain profesional. Jika tidak begitu, dia tak akan bertanding."

United menegaskan bahwa De Gea tidak akan dijual kecuali pada harga termahal di dunia untuk transfer kiper dan juga menginginkan bek Real Madrid Sergio Ramos, dengan kemungkinan tidak menawarkan perpanjangan kontrak kepada pemain Timnas Spanyol itu.

Hugo Lloris dari Tottenham dan Jasper Cillessen dari Ajax kemungkinan menjadi pengganti De Gea.

Situasi yang dihadapi di gawang bukan satu-satunya kekhawatiran Van Gaal. Sewaktu memenangi laga liga perdananya United terlihat kurang padu saat melawan Tottenham dan tampil buruk pada 25 menit pertama sebelum mendapatkan hadiah gol.

Mereka nyaris melepaskan tendangan mengenai sasaran setelah itu dan hanya perkara waktu jika Depay bisa menempa firi bermitra dengan Wayne Rooney atau apakah Schweinsteiger bisa tetap menjadi pendorong seperti sewaktu dia masih bersama Bayern Muenchen dan Jerman, demikian Reuters.








Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015