Sedang dalam proses dan belum lagi diselesaikan
Jakarta (ANTARA News) - Wakil Presiden Jusuf Kalla mengemukakan kabinet sedang memproses mekanisme penggantian posisi Kepala Staf Kepresidenan yang saat ini dijabat secara rangkap oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Luhut Binsar Pandjaitan.

"Sedang dalam proses dan belum lagi diselesaikan," kata Jusuf Kalla kepada wartawan di Kantor Wapres, Jakarta Pusat, Kamis.

Kemarin (12/8), Sekretaris Fraksi Partai Golkar di DPR RI, Bambang Soesatyo menilai perombakan kabinet oleh Presiden Joko Widodo bernuansa kompromistis karena Presiden tidak tahan dengan desakan dan tekanan dari unsur-unsur kekuatan pendukungnya.

"Muncul kesan, Presiden Jokowi setengah hati melakukannya, karena sudah tidak tahan lagi dengan desakan dan tekanan dari berbagai unsur kekuatan pendukungnya," kata Bambang.

Dia mengatakan reshuffle kabinet yang kompromistis itu terlihat pada pergantian menteri Sekretaris Kabinet dari Andi Wijoyanto kepada Pramono Anung, dan pergantian Menteri PPN/kepala Bappenas dari Andrianof Chaniago kepada Sofyan Djalil.

Menurut dia, Andi dan Andrianof yang menjadi orang dekat dan sosok kepercayaan Jokowi sepertinya diminta mengalah.

"Dengan kompromi itu, Presiden Jokowi berharap tidak ada lagi rongrongan dari berbagai unsur kekuatan pendukungnya," ujarnya.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015