Kereta api cepat Tiongkok disebut canggih dan murah

Kereta api cepat Tiongkok disebut canggih dan murah

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno (ketiga kiri) bersama Duta Besar Tiongkok RRT untuk RI, Xie Feng (kedua kiri), CRW Chief Engineer, He Huawu (kiri) dan Managing Director, G Sulistiyanto (keempat kiri) melakukan peninjauan setelah membuka Pameran Kereta Tercepat Tiongkok di Atrium Senayan City, Jakarta (13/8). (istimewa)

Jakarta (ANTARA News) - Pameran Kereta Api Kecepatan Tinggi Tiongkok yang diselenggarakan oleh China Railway Corporation mulai 13 Agustus di Jakarta, memamerkan berbagai keunggulan kereta api cepat.

Siaran pers yang diterima di Jakarta, Kamis, menyebutkan bahwa kereta api kecepatan tinggi Tiongkok mempunyai keunggulan yaitu aman, teknik canggih dan kualitas tinggi dengan harga yang murah.

Disebutkan bahwa Tiongkok bersedia memegang prinsip saling menguntungkan dan menikmati hasil perkembangan kereta api dengan Indonesia dan berbagai negara di dunia.

Pameran yang berlangsung selama sepekan bertema "Kereta Api Kecepatan Tinggi Tiongkok yang Berkembang Pesat" itu secara menyeluruh memperkenalkan perkembangan pembangunan kereta api kecepatan tinggi Tiongkok, di antaranya memperlihatkan tindakan yang mahir Tiongkok dalam bidang survei dan disain, pengembangan peralatan, pembangunan, inovasi teknik.

Selain itu juga menampilkan pengelolahan dan pembinaan tenaga ahli, serta keadaan mengenai mendorong perkembangan ekonomi dan sosial serta memperbaiki kesejahteraan rakyat melalui papan pameran foto, video promosi dan model fisik.

Pameran kali ini menampilkan Model Kereta Api Peluru Standar Tiongkok, Kereta Api Peluru CRH380A, Kereta Api Pemeriksaan Komprehensif Kecepatan Tinggi, Kereta Api Antar Kota CJ-1, Kereta Api Antar Kota CJ-2, Kereta Api Antar Kota CRH6, Kereta Api Penggilingan Rel dan Mesin Pendirian Jembatan.

Pertemuan pertukaran teknik kereta api kecepatan tinggi, personel terkait Tiongkok dan Indonesia juga akan mengadakan diskusi mengenai pembangunan kereta api kecepatan tinggi, pengembangan peralatan serta teknik operasi dan pengelolahannya.

Hingga Juli 2015, jarak operasi rel kereta api kecepatan tinggi Tiongkok telah melampaui 17 ribu kilometer, menduduki lebih dari 60 persen dalam jumlah total jarak operasi rel kereta api kecepatan tinggi dunia.

Tiongkok adalah negara yang memiliki rel kereta api kecepatan tinggi terpanjang, dan skala pembangunan rel kereta api kecepatan tinggi terbesar di seluruh dunia.

Tiongkok telah membangun kereta api kecepatan tinggi yang  sesuai dengan berbagai macam syarat geologis, lingkungan spesial dan kebutuhan pengangkutan yang kompleks, dan telah membuka 34 rute kereta api kecepatan tinggi, meliputi lebih dari 160 kota, agar memberikan kemudahan terhadap perjalanan rakyat.

Pewarta: Try Reza Essra
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2015

Komentar