Yogyakarta (ANTARA News) - Badan usaha milik negara akan menggelar pasar murah sembako serta pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis untuk masyarakat di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta serta melaksanakan "Gerakan Jogya Bersih".

"Kegiatan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Ke-70 Kemerdekaan Republik Indonesia itu akan dilaksanakan pada 16 Agustus 2015," kata Ketua Kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sarjo Haryono di Yogyakarta, Jumat.

Menurut dia, pasar murah sembako akan menyediakan 2.070 paket sembako seharga Rp100 ribu tetapi dijual dengan harga Rp30 ribu.

"Setiap paket sembako berisi beras lima kilogram, gula pasir dua kilogram, dan minyak goreng dua liter. Paket sembako itu disediakan untuk pemegang Kartu Menuju Sehat (KMS)," katanya.

Ia mengatakan untuk pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis bagi masyarakat akan ditangani tenaga teknis antara lain dokter sebanyak 17 orang, perawat 17 orang, dan apoteker. Selain itu juga disiapkan mobil ambulans.

"Untuk memudahkan masyarakat dalam memperoleh layanan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis itu akan disiapkan sebanyak 17 pos pelayanan. Dengan demikian, masyarakat diharapkan dapat memperoleh pelayanan dengan baik," katanya.

Selain pasar murah serta pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis, kata dia, BUMN juga akan melaksanakan Gerakan Jogja Bersih dan pemasangan umbul-umbul di seluruh Kantor Cabang BUMN di Yogyakarta pada 15 Agustus 2015.

"Kegiatan lain adalah gerak jalan sehat dengan konsep BUMN Hadir Untuk Negeri dengan rute dari kawasan Tugu menuju Alun-Alun Utara pada 16 Agustus 2015 serta upacara bendera dan pemberian penghargaan kepada 70 petugas kebersihan pada 17 Agustus 2015," katanya.

Pewarta: Bambang Sutopo Hadi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015