Memperingati HUT ke-70 RI kami akan melakukan pembagian helm kepada pengguna kendaraan bermotor di sejumlah kawasan di Kota Ambon,"
Ambon (ANTARA News) - PT Jasa Raharja cabang Maluku akan membagikan 500 helm gratis kepada pengguna kendaraan bermotor di Kota Ambon pada 17 Agustus 2015.

"Memperingati HUT ke-70 RI kami akan melakukan pembagian helm kepada pengguna kendaraan bermotor di sejumlah kawasan di Kota Ambon," kata Kepala Jasa Raharja Maluku Jahja Joel Lami di Ambon, Jumat.

Menurut dia, sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pihaknya melakukan sinergitas peningkatan pelayanan kecelakaan lalu lintas.

Sinergitas dilakukan dengan berbagai pihak untuk mengoptimalkan peran Jasa Raharja dalam rangka menanggulangi kecelakaan lalu lintas.

"Kami berupaya memberikan perlindungan dasar kepada masyarakat bukan hanya saat terjadi kecelakaan lalu lintas, tetapi juga antisipasi dini dengan melakukan pembagian helm kepada para pengendara di Ambon pada saat HUT ke-70 RI," katanya.

Jahja mengatakan, tahap awal pihaknya telah melakukan pembagian helm di kecamatan Leihitu Kabupaten Maluku Tengah.

"Pembagian bukan hanya dilakukan di Kota Ambon, tetapi terbagi ke wilayah lainnya di Pulau Ambon agar ada pemerataan," ujarnya.

Ia menjelaskan, pihaknya berupaya meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap peran Jasa Raharja dengan melakukan sosialisasi melalui media cetak dan elektronik.

"Kami juga efektif melakukan talk show di sejumlah radio dan televisi, pemasangan spanduk dan papan imbauan di jalan raya agar masyarakat tertib berlalu lintas, dan selalu menggunakan helm saat berkendaraan," ujarnya.

Pihaknya berharap, melalui pembagian helm disiplin dan kedasaran berlalu lintas semakin baik, paham prosedur pengurusan santunan dan masyarakat tidak segan untuk melaporkan kejadian kecelakaan kepada aparat kepolisian.

"Upaya ini juga diharapkan dapat mengurangi angka kecelakaan lalu lintas di Maluku, serta menciptakan kesadaran masyarakat," ujarnya.

Pewarta: Penina Mayaut
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015