Lebak (ANTARA News) - Ribuan pelajar di Kabupaten Lebak, Banten, Minggu malam menggelar pawai obor menyambut Hari Ulang Tahun ke-70 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Pawai obor itu dimulai pukul 20.00 WIB sampai 21.10 WIB para pelajar berkeliling menempuh perjalanan sepanjang dua kilometer dengan melintasi sejumlah jalan protokol hingga Alun-alun Multatuli, Rangkasbitung.

Ribuan pelajar terdiri dari siswa SMP dan SMA itu memadati ruas Jalan Multatuli-Sunankalijaga-Ir Djuanda- Hardiwinangun di Kota Rangkasbitung sambil berjalan kaki membawa obor.

Pawai obor tersebut sudah menjadikan tradisi masyarakat Kabupaten Lebak dalam menyambut HUT Kemerdekaan RI.

Selain itu juga mereka para pawai obor sambil berjalan kaki mendengarkan lagu-lagu perjuangan, seperti "Maju tak Gentar", dan "Halo-Halo Bandung".

Kegiatan pawai obor juga mendapat sambutan warga Rangkasbitung yang memenuhi trotoar kiri dan kanan jalan yang dilintasi peserta pawai.

"Kami minta generasi bangsa ini dapat berjuang keras untuk mengisi kemerdekaan dengan pembangunan," kata Bupati Lebak Iti Oktavia Jayabaya saat membuka pawai obor.

Ia mengatakan, semangat pelajar untuk mengisi kemerdekaan tentunya harus memiliki pengetahuan untuk membangun bangsa ini menjadi maju dan sejahtera.

Karena itu, kegiatan pawai obor ini guna membangkitkan semangat nilai-nilai perjuangan bangsa.

Di mana para pejuang yang telah memperjuangkan kemerdekaan ini dengan penuh semangat tinggi untuk terbebas dari belunggu penjajahan.

"Kami meminta pelajar sebagai generasi bangsa dapat melanjutkan pembangunan dengan belajar untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat," ujarnya.

Sementara itu, sejumlah pelajar SMA Negeri 1 Rangkasbitung mengaku kegiatan pawai obor ini menjadikan hiburan, namun mendidik untuk menyambut HUT Kemerdekaan RI.

"Kami sebagai pelajar tentu mendengar lagu-lagu perjuangan menjadikan motivasi untuk berkarya mengisi kemerdekaan," kata M Arief, seorang siswa kelas X1 SMAN 1 Rangkasbitung.

Pewarta: Mansyur
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015