"Petugas akan mengembalikan harga tiket secara utuh dan menggantinya dengan tiket kereta api bertuliskan nol rupiah"
Jember (ANTARA News) - PT Kereta Api Daerah Operasi (Daop) IX Jember, Jawa Timur, menyediakan sebanyak 1.200 tiket gratis untuk dua rangkaian kereta lokal dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-70 Kemerdekaan Republik Indonesia, Senin.

"Tiket gratis untuk kereta api lokal yakni KA Probowangi jurusan Banyuwangi-Surabaya dan KA Pandanwangi jurusan Banyuwangi-Jember khusus untuk keberangkatan tanggal 17 Agustus 2015," kata Manajer Humas PT Kereta Api Daop IX Jember, Eko Sri Mulyanto, di Jember.

Menurutnya, kebijakan tersebut dalam rangka memperingati HUT ke-70 Kemerdekaan RI dan mendukung program Kementerian BUMN yang bertajuk "BUMN Hadir untuk Negeri".

"Masyarakat bisa memperoleh tiket gratis Kemerdekaan itu khusus untuk KA Probowangi dan KA Pandanwangi dengan keberangkatan hari ini mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB," tuturnya.

Bagi masyarakat yang ingin menikmati program itu dapat melakukan pembelian tiket seharga Rp0 di stasiun untuk keberangkatan KA Lokal bersubsidi (PSO) pada waktu tersebut.

Sementara itu untuk masyarakat yang telah melakukan pemesanan tiket KA lokal bersubsidi tertentu pada H-30 sebelum hari keberangkatan, maka biaya tiket akan dikembalikan di loket stasiun tujuan dengan menunjukkan bukti tiket kereta tersebut pada keberangkatan 17 Agustus 2015 pukul 08.00-17.00 WIB.

"Petugas akan mengembalikan harga tiket secara utuh dan menggantinya dengan tiket kereta api bertuliskan nol rupiah," ujarnya.

Untuk jadwal pemberangkatan kereta api yang tiketnya bisa diakses secara gratis khusus KA pandanwangi dari Stasiun Banyuwangi berangkat pukul 9.45 WIB dan KA Probowangi dari Stasiun Jember berangkat pukul 8.42 WIB.

Sementara salah seorang warga yang memanfaatkan tiket gratis, Huda, mengaku senang bisa menikmati tiket gratis kemerdekaan yang disediakan PT KAI Daop IX Jember.

"Saya mengajak istri dan dua anak saya untuk menikmati perjalanan dari Jember ke Banyuwangi secara gratis karena kebetulan hari ini memang libur bekerja dan anak-anak juga libur sekolah," tuturnya.

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2015