Jakarta (ANTARA News) - Kelompok kolektif musikal, Pandai Besi, yang tengah menggarap album baru mereka berencana untuk memberikan porsi menyanyi lebih besar salah satu biduanitanya, Monica Hapsari.

Hal itu disampaikan pemain piano dan keyboard Pandai Besi, Muhammad Asranur, di JAkarta, Selasa.

"Di album baru ini nanti rencananya Monica bakal dapat porsi lebih besar, setelah selama ini Cholil (Mahmud, vokalis -red) masih kelihatan dominan," kata Asra.

Monica yang juga aktif di band Voyagers of Icarie itu dinilai Asra dkk memiliki corak karakter yang cukup berbeda, dan perpindahan poros vokal dari Cholil ke Monica merupakan siasat yang ditempuh semenjak sang biduan sempat melanjutkan studi di negeri Paman Sam.

Sekembalinya Cholil dan sang istri, Irma Hidayana, Pandai Besi tengah disibukkan dengan proses meramu album terbaru mereka yang sejauh ini telah memiliki empat lagu baru.

"Sudah ada empat lagu baru, itu juga masing-masing baru sekira 70 persen statusnya. Masih lama lah," kata Asra.

Pandai Besi yang di album pertama bertajuk Daur Baur, menempa ulang aransemen sembilan lagu dari album pertama dan kedua Efek Rumah Kaca, diungkapkan Asra tengah bergelut dengan materi yang lebih kompleks untuk album terbaru mereka.

Selain itu dipastikan Asra bahwa empat lagu tersebut betul-betul gubahan baru, yang memang akan memberikan porsi lebih besar untuk Monica.

Pun demikian, Asra belum berani memastikan kapan album baru mereka bakal diluncurkan di pasaran, mengingat dua personil mereka Cholil dan penggebuk drum Akbar Bagus Sudibyo juga tengah disibukkan dengan proses pembuatan album ketiga Efek Rumah Kaca yang dipatok paling lambat awal 2016 sudah rampung.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015