... kenaikan harga daging ayam di tingkat pedagang ini imbas dari isu melonjak harga jual daging sapi...
Dumai, Riau (ANTARA News) - Pedagang daging ayam di Kota Dumai, Riau, mulai mengeluhkan penjualan merosot tajam hingga 20 persen karena harga jual di tingkat eceran naik menembus Rp35.000 per kilogram.

Seorang pedagang daging ayam Beni mengaku harga ecer daging ayam sebelumnya djual di kisaran Rp25.000-Rp27.000 per kilogram, dan kenaikan mulai dirasakan dalam sepekan terakhir.

"Karena harga terus naik jadinya jual beli berkurang dan persediaan daging ayam kini sering bersisa," katanya, Rabu.

Menurut dia, kenaikan harga daging ayam di tingkat pedagang ini imbas dari isu melonjak harga jual daging sapi beberapa waktu lalu di sejumlah daerah.

Dia mengaku, dari awalnya setiap hari bisa menghabiskan hingga 50 ayam, namun sejak harga naik tajam kini hanya mampu menjual sekitar 30 ayam saja tiap hari.

"Banyak masyarakat kaget dan batal membeli daging ayam karena harga jual mahal, sehingga penjualan kami merosot," ungkapnya.

Sepinya peminat daging ayam membuat pedagang kuatir karena berdampak menurun pendapatan, sehingga diharapkan pemerintah segera menangani persoalan agar tidak berlangsung lama.

Kepala Bidang Perdagangan Disperindag Dumai, Kamaruddin, membenarkan kenaikan harga jual daging ayam ini disebabkan harga pakan meningkat dan jumlah stok minim dari daerah pemasok.

Pewarta: Abdul Razak
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015