Madrid (ANTARA News) - Barcelona menyabet predikat sebagai juara La Liga musim 2014/15 dalam gelombang nada berirama sendu beraroma "tiada perjuangan tanpa kemenangan di akhir penantian".

Bersama dengan seterus lawasnya Real Madrid dan Atletico Madrid, tentu saja pasukan asuhan Luis Enrique tidak ingin langsung dibuai angin sepoi-sepoi masa lalu yang tidak jarang meninabobokan sang pemenang.

Masuk ke gerbang La Liga edisi 2015/16, sejumlah tanya salin rupa dari rasa ingin tahu, apakah Barcelona berpeluang besar meraih totel domestik ke-24 di tanah Matador sepanjang sejarah klub.

Apakah memang Real Madrid di bawah arahan Rafael Benitez mampu memadukan dua personel sarat talenta dalam diri Gareth Bale dan Cristiano Ronaldo? Akankah Atletico akan bangkit kemudian membuyarkan mimpi Barcelona dan Real Madrid?

Berikut prediksi yang dikemukakan oleh tiga pengamat La Liga, sebagaimana dikutip dari laman Sky Sports. Mereka adalah Guillem Balague, Graham Hunter dan Terry Gibson.

(1) Prediksi Guillem Balague:

Prediksi Top four: 1. Barcelona 2. Atletico Madrid 3. Real Madrid 4. Sevilla

Prediksi Top scorer: Lionel Messi

Prediksi paket kejutan: Jika saja mereka mampu memulai musim dengan hasil memuaskan, bukan tidak mungkin Espanyol memperoleh tiket berpeluang tampil di Liga Champions.

Transfer pemain musim ini: Real Madrid membaraui kontrak Sergio Ramos, sementara Mateo Kovacic mendarat di Real Madrid, dan Marco Asensio ke Espanyol.

Prediksi Pemenang Copa del Rey: Athletic Bilbao


(2) Prediksi Graham Hunter:


Prediksi Top Four: Saya yakin bahwa Barcelona begitu kompetif, begitu komplet, begitu bertalenta meski musim ini tidak meraih gelar juara, dengan demikian prediksi juara, 1. Barcelona 2. Atletico Madrid 3. Real Madrid 4. Sevilla

Prediksi Top scorer: Lionel Messi

Prediksi paket kejutan: Atleti. Mereka mampu bersaing dengan dua raksasa sepak bola La Liga, baik Barcelona maupun Real Madrid. Menarik juga menanti gemerlap bintang muda Real Madrid Marco Asensio.

Transfer pemain musim ini: Jonathas ke Real Sociedad; Jackson Martinez di Atletico Madrid.
 
Prediksi pemenang Copa del Rey: Athletic Bilbao

(3) Terry Gibson:

Prediksi Top four: 1. Atletico Madrid 2. Barcelona. 3. Real Madrid 4. Sevilla

Prediksi Top scorer: Cristiano Ronaldo

Prediksi paket kejutan: Eibar. Setelah terdegradasi di musim lalu, mereka bangkit kemudian membenahi dan merombak skuat dengan mendatangkan sejumlah pemain, sebut saja penjaga gawang Asier Riesgo dan striker Borja Baston, yang dijual dari Atletico. Penampilan pemain ini demikian cemerlang di dua musim terakhir.

Transfer pemain musim ini: Samu Garcia dari Malaga ke Villarreal dengan banderol delapan juta euro. Pemain bertalenta, masih berusia muda siap berkembang, dan bakal  pas dengan filosofi bermain Villareal dan manajer Marcelino.

Prediksi pemenang Copa del Rey: Real Madrid

Penerjemah: A.A. Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2015