counter

Swansea akhiri start tak terkalahkan United

Swansea akhiri start tak terkalahkan United

Andre Ayew (eurosport.yahoo.com)

London (ANTARA News) - Swansea City bangkit dari ketertinggalan untuk mengakhiri start tidak terkalahkan Manchester United di musim Liga Utama Inggris, melalui kemenangan impresif 2-1 di Stadion Liberty pada Minggu.

Setelah pertandingan babak pertama yang berlangsung menghibur namun tidak menghasilkan gol, Juan Mata meneruskan umpan silang Luke Shaw ke bagian atas gawang lawan pada menit ke-48 sebelum Swansea mengambil alih kendali permainan, lapor Reuters.

Andre Ayew menyamakan kedudukan melalui tandukannya 13 menit kemudian, sebelum Bafetimbi Gomis mempertahankan penampilan bagusnya dengan tembakan mendatar lima menit kemudian, ketika tim Wales itu mencatatkan kemenangan 2-1 beruntunnya di liga atas United.

"Ini merupakan pertandingan yang sangat sulit," kata kapten Swansea Ashley Williams kepada Sky Sports. "Kami harus bekerja keras."

"Kapanpun kami dapat mengalahkan salah satu tim papan atas, itu memperlihatkan perkembangan kami. Kami tetap bekerja keras setiap hari dan setiap pekan. Kami ingin menjadi tim bagus yang konsisten."

Pada pertandingan yang dimainkan lebih awal, dua gol Dusan Tadic dan satu gol dari Graziano Pelle membawa Southampton memperbaiki catatannya di liga dengan kemenangan 3-0 atas tim promosi Norwich City di St Marys.

Bek Norwich Steven Whittaker diusir keluar lapangan setelah menerima dua kartu kuning dalam rentang waktu empat menit di babak pertama, ketika tim pesisir selatan itu mengukir kemenangan perdananya di musim ini.

Start tidak spektakuler United musim ini dibangun berdasarkan pertahanan solid di mana mereka belum kemasukan, dan menahan lawan sehingga hanya mampu menghasilkan lima tembakan ke gawang dalam tiga pertandingan musim ini.

Bagaimanapun, Swansea meraih dua kemenangan di ajang Liga Utama Inggris atas United pada musim lalu, dan mengawali musim dengan belum terkalahkan, termasuk saat menahan imbang juara bertahan Chelsea pada pertandingan pembukaan.

United memulai pertandingan dengan baik, di mana Memphis Depay dan Mata mengirim peringatan-peringatan awal perihal potensi ancaman Setan Merah.

Swansea mulai menemukan irama permainan setelah sempat direpotkan gempuran awal United, di mana Gylfi Sigurdsson melepaskan tembakan melebar, sebelum sepakan melengkung Bafetimbi Gomis membentur tiang gawang.

Wayne Rooney mengemas trigol pada pertandingan Liga Champions tengah pekan, namun ia meneruskan penampilan buruknya di level domestik, menyia-nyiakan serangkaian peluang dan paling sedikit menyentuh bola dibandingkan pemain-pemain United lainnya.

Setelah turun minum, Mata mencetak gol sebelum tuan rumah mengubah arah permainan.

Ayew menanduk umpan silang Sigurdsson untuk menjadi gol, sebelum operan pemain pemain Ghana itu menciptakan ruang bagi Gomis untuk diteruskan menjadi gol kandang kesembilannya dari sepuluh pertandingannya di Liga Utama Inggris.


Langkah Kecil Southampton

Southampton yang secara mengejutkan mengakhiri musim lalu dengan menghuni peringkat ketujuh, hanya mampu mendulang dua angka dari tiga pertandingan dan gagal mencetak gol sejak hari pembukaan kompetisi.

Pertandingan babak pertama merupakan mikrokosmos dari musim mereka, banyak menguasai bola dan memiliki banyak peluang namun kekurangan insting membunuh di depan gawang.

James Ward-Prowse, Fonte, Pelle, dan Sadio Mane memiliki peluang pada 20 menit pertama, sebelum diusirnya Whittaker.

Setelah Pelle mencetak gol pada menit ke-45, Tadic menembakkan umpan silang Mane untuk melahirkan gol kedua, kemudian menambahi sentuhan penyelesaian setelah tandukan Pelle dapat ditepis namun bola jatuh menuju jalur pergerakannya dua menit kemudian.

Jay Rodriguez, yang masih berupaya mengembalikan kondisi ideal setelah absen lama karena cedera lutut, dimasukkan setelah turun minum dan tampil baik sepanjang pertandingan, memaksa John Ruddy melakukan sejumlah penyelamatan.

"Kami tidak mendapatkan start yang kami inginkan di liga," kata kapten The Saints Jose Fonte kepada Sky Sports. "Namun hal terpenting pada hari ini adalah kembali memenangi pertandingan."

"Kami sekarang memiliki tanggung jawab besar, sebab kami terlihat sebagai tim yang bagus maka kami perlu menang dan itulah mentalitas yang ingin kami tanamkan pada setiap pertandingan."

Swansea, yang memiliki delapan angka dari empat pertandingan, menggeser United, dengan tujuh angka, menuju peringkat keempat. Southampton naik ke peringkat kesepuluh dengan lima angka, sedangkan Norwich turun satu posisi ke urutan 14.

Manchester City memuncaki klasemen menjelang jeda internasional dengan 12 angka dari empat pertandingan, unggul tiga angka dari Crystal Palace.

(Uu.H-RF/T004)

Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2015

Komentar