Jakarta (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo mengakhiri kunjungan kerjanya ke Sumatera Selatan dan tiba di Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta sekitar pukul 21.00 WIB, Minggu.

Di Sumatera Selatan, Presiden meninjau perkembangan pembangunan jalan tol Trans Sumatera ruas Palembang-Indralaya sepanjang 22km.

"Progresnya luar biasa, sudah 8,5 km yang selesai mengingat dulunya ini bekas rawa, pengerjaannya sangat rumit, bahkan harus melakukan penimbunan tanah setebal tiga meter," ujar Presiden Minggu siang saat meninjau proyek tersebut.

Jalan tol ruas Palembang-Indralaya tersebut diperkirakan akan selesai pada akhir 2017 atau awal 2018.

Kemudian Presiden Jokowi juga meninjau pelaksanaan penanggulangan kebakaran lahan gambut di Sumatera Selatan yang menyebabkan kabut asap di enam provinsi.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi memerintahkan aparat keamanan untuk menindak tegas perusahaan-perusahaan yang sengaja membakar lahannya agar bisa ditamani kembali.

"Sudah saya perintahkan ke Kapolri untuk ditindak setegas-tegasnya, sekeras-kerasnya untuk perusahaan yang tidak mematuhi," ujar Presiden saat meninjau kebakaran hutan di Dusun Pulau Geronggang, Kecamatan Pedamaran, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI).

Jokowi menegaskan bahwa perusahaan perkebunan tersebut sebetulnya juga harus bertanggungjawab terhadap, terhadap hak yang sudah diberikan pemerintah kepada mereka.

Pewarta: Ageng Wibowo L
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015