Bangkok (ANTARA News) - Pelatih timnas Thailand Kiatisak Senamuang optimistis dapat menundukkan Irak agar lolos babak kualifikasi Piala Dunia 2018. Keyakinan itu didasari bahwa negeri Gajah Putih itu telah menjadi salah satu kekuatan sepak bola di kawasan Asia.

Timnas Thailand meraih kemenangan melawan Vietnam dan Tiawan dalam laga pembukaan babak kualifikasi Piala Dunia 2018. Senamuang yakin dengan reputasi sepak bola negerinya itu di kawasan Asia Tenggara, meskipun Irak kini berada di peringkat ke-55 FIFA, sebagaimana dikutip dari lam Fox Sports.

"Saya yakin pertandingan harusnya bakal berlangsung menarik," kata Senamuang kepada Bangkok Post. "Kami tim terbaik di kawasan Asean (Asia Tenggara). Jika kami mampu mengalahkan Irak, maka prestasi itu tentu saja mendongkrak peringkat kami di kawasan Asia."

Sementara itu penjaga gawang timnas Thailand Sinthaweechai Hathairattanakool memilih bersikap berhati-hati mengingat Irak bukan lawan yang enteng.

"Irak menjadi salah satu dari sepuluh tim terbaik di Asia. Ini tentu saja menunjukkan bahwa mereka memiliki pemain berkualitas, dan bukan tidak mungkin lebih baik dibandingkan dengan tim kami," katanya.

"Saya telah banyak bermain melawan tim-tim asal Timur Tengah. Dari pengalaman itu, saya ingin rekan tim bersikap waspada jika berhadapan dengan mereka, utamanya lini pertahanan kami yang harus lebih ekstra hati-hati dengan serangan-serangan yang mereka bangun lewat umpan-umpan panjang dan duel udara. Kami seharusnya juga tidak mengabaikan ancaman tendangan bebas di dekat area penalti," katanya.

Pelatih kepala Irak Yahya Alawan mengatakan, "Kami berada dan bertanding di sini untuk meraih tiga poin. Kami tidak datang ke sini hanya dengan meraih hasil imbang atau kalah. Kami memiliki sederet pemain baru begitu dengan timnas Thaland. Ini pertandingan yang teramat penting bagi kedua tim, untuk itu kami percaya diri dapat menang."

Penerjemah: AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2015