Lisabon (ANTARA News) - Lebih dari dua ton kokain disita dan 15 orang ditahan dari satu kapal penangkap ikan pada Agustus, kata Polisi Kehakiman Portugal di dalam satu pernyataan pada Kamis (10/9).

Operasi tersebut berhasil membongkar satu organisasi besar penjahat yang mengkhususkan diri dalam penyelundupan kokain internasional.

Penyitaan itu berlangsung pada 20 Agustus di Kota Peniche, sekitar 100 kilometer di pantai di sebelah utara ibu kota negeri tersebut, Lisabon, kata media setempat, sebagaimana dikutip Xinhua. 

Para tersangka penyelundup sedang mengangkut narkotika itu untuk satu organisasi penjahat di Galicia, Spanyol, sekitar 550 kilometer di sebelah utara Lisabon.

Lima orang di kapal penangkap ikan tersebut ditahan, dan setelah penyelidikan oleh polisi, Pemerintah Spanyol melancarkan operasi polisi di Galicia dan menahan 10 orang yang menjadi anggota organisasi penjahat itu.

Operasi tersebut melibatkan penggeledahan atas 11 rumah, dan kapal penangkap ikan yang mengakut kokain itu ditahan selain satu perahu cepat. Selain itu, uang kontan sebanyak 70.000 euro (78.510 dolar AS), 50 magazin sembilan milimeter serta peralatan komunikasi juga disita.

Tersangka yang ditahan berusia antara 25 dan 75 tahun.

(Uu.C003)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2015