Jakarta (ANTARA News) - Duta Besar Indonesia untuk Polandia Peter Frans Gontha mengatakan Polandia serius meningkatkan kerja sama dengan Indonesia, salah satunya memberi peluang kepada sekitar 20 mahasiswa ITB untuk belajar dan bekerja (magang) di pabrik produsen turbin pembangkit listrik milik Alstom.

Hal tersebut akan tertuang dalam penandatanganan Nota Kesepahaman Bersama atau MoU di Bandung pada pada akhir September atau awal Oktober 2015.

“Pihak Alstom yang akan datang ke Indonesia, mereka sangat serius dan ini kesempatan emas bagi kita,” kata Gontha yang mendampingi Menteri Perindustrian Saleh Husin pada kunjungan kerja ke Polandia melalui siaran pers yang diterima di Jakarta, Jumat.

Menurut Gontha, peningkatan kerja sama dengan Polandia saat ini merupakan momentum yang tepat lantaran negara ini tengah berkembang pesat baik di bidang ekonomi maupun penguasaan teknologi.

“Jadi, kunjungan Pak Menteri Perindustrian ini memiliki sekaligus dua arti penting. Kami tawarkan investasi bagi mereka untuk menggarap sektor industri manufaktur seperti galangan kapal, pembangkit listrik dan lain-lain di Indonesia," ujar Gontha.

Sebaliknya, lanjut dia, hal ini juga menjadi penjajakan bagi pengusaha Indonesia untuk ekspansi ke Polandia, salah satunya masuk ke industri pariwisata.

Gontha juga mengungkapkan Polandia merupakan salah satu dari sedikit negara Eropa.yang pertumbuhan ekonomi tetap melaju di saat negara di Benua Biru lainnya mengalami konstraksi. Aktivitas industri Polandia yang pesat juga membutuhkan bahan baku yang dihasilkan oleh Indonesia. Salah satunya ialah industri makanan minuman yang kebutuhan minyak nabatinya dapat dipenuhi oleh CPO asal Indonesia.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015