Sebelumnya, Ferdi menyabet medali perak dalam North Countries Universities Mathematical Competition (NCUMC), yang merupakan Olimpiade Matematika tingkat internasional yang dilaksanakan di Rusia pada akhir Maret 2023
Makassar (ANTARA) - Mahasiswa Universitas Hasanuddin (Unhas) Ferdi, berhasil memperoleh medali perak di bidang matematika pada ajang Olimpiade Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi (ONMIPA PT) Kemendikbudristek di Institut Teknologi Bandung (ITB), pada 13-17 Juni 2023.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unhas, Prof drg Muhammad Ruslin MKes PhD SpBM (K) di Makassar, Sulawesi Selatan, Ahad menyampaikan apresiasi atas prestasi yang telah diperoleh mahasiswa Universitas Hasanuddin.

ONMIPA PT merupakan kompetisi yang diselenggarakan Balai Pengembangan Talenta Indonesia, Pusat Prestasi Nasional, Kemendikbudristek.

“Alhamdulillah tahun 2023 ini Unhas memperoleh medali perak atau juara dua untuk bidang studi matematika. Sebelumnya di tahun 2022 kita memperoleh juara tiga di bidang studi yang sama,” katanya.

Ia menambahkan tim Pokja Prestasi dan Kewirausahaan dan Direktorat Kemahasiswaan Unhas serta dosen telah melakukan upaya pendampingan agar mahasiswa Unhas dapat meraih prestasi maksimal di ajang bergengsi ini.

Sementara itu, Direktur Kemahasiswaan dan Penyiapan Karir Unhas, Abdullah Sanusi, SE MBA PhD mengatakan bahwa tahun ini Unhas mengutus delapan mahasiswa.

“Sebelumnya kami melakukan seleksi internal dan 42 mahasiswa kita mewakili Unhas di tingkat wilayah. Lalu pada seleksi wilayah ada delapan mahasiswa Unhas yang lolos (termasuk Ferdi),” kata Abdullah Sanusi yang turut mendampingi mahasiswa Unhas berlomba di ITB.

Ferdi merupakan mahasiswa jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Unhas. Ia merupakan sosok mahasiswa dengan segudang prestasi di bidang matematika.

Sebelumnya, Ferdi menyabet medali perak dalam North Countries Universities Mathematical Competition (NCUMC), yang merupakan Olimpiade Matematika tingkat internasional yang dilaksanakan di Rusia pada akhir Maret 2023.

Tidak hanya itu, Ferdi berhasil juga pernah meraih medali emas untuk kategori lomba individu pada ajang Mathematical Analysis and Geometry Day (MagD) yang dilaksanakan Institut Teknologi Bandung (ITB).

Di tahun sebelumnya, Ferdi mendapat medali perunggu di ajang ONMIPA PT tingkat nasional.

Baca juga: Mahasiswa Unhas raih emas Kompetisi Matematika di ITB

Baca juga: Unhas peringkat empat nasional pendanaan PKM Kemendikbudristek

Baca juga: Unhas teken kontrak bantuan modal usaha bagi 554 Mahasiswa PMW

Baca juga: Mahasiswa Unhas juara 1 lomba esai Indonesia Nursing Olympiad 2023

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023