fans akan melihat tekad luar biasa dari Manchester United dengan berlaga di ajang Liga Champions. Kami ingin menunjukkan bahwa kami mampu meraih kemenangan di level tertinggi
Eindhoven (ANTARA News) - Jelas bukan karpet merah yang bakal dibentang bagi Memphis Depay. Sorak-sorai membahana memenuhi setiap sudut stadion sebagai ucapan selamat datang kepada pemain sayap anyar Manchester United (MU) yang nota bene jebolan akademi sepak bola PSV Eindhoven.

Ungkapan lugasnya, dulu Anda kawan, kini Anda lawan. Siapa kawan siapa lawan lahir dari kasanah palagan kehidupan. Kemenangan lahir dari perjuangan, bukan hasil dari kongkalikong, atau main sama-sama untung dengan menghalalkan segala cara.

PSV Eindhoven bersama dengan Manchester United siap berlaga dalam tajuk laga fase Grup B Liga Champions 2015/16 yang digelar di Stadion Philips, Eindhoven, pada Selasa waktu setempat, atau Rabu dini hari, pukul 01.45 WIB. Duel itu akan ditayangkan secara langsung oleh RCTI.

Depay telah mengukir tinta emas sebagai pencetak gol terbanyak di atmosfer Eredivisie 2014/15 sebelum merapat ke Old Trafford pada musim panas 2015. Sayangnya, Memphis belum melesakkan sebiji gol atau assist di Premier League.

Publik stadion Eindhoven memberi teror tersendiri, karena itu Depay perlu menyingkirkan pernik-pernik memori kemudian menumbuhkan tekad dengan berbisik "buatlah hidup ini seasik mungkin."

Depay perlu menimba air segar optimisme lantaran MU baru saja melewati rangkaian hasil mengecewakan  di Premier League dengan mencatat kemenangan 3-1 atas Liverpool (12/9). Dan laga ini menandai penampilan kali pertama bagi kubu United di kompetisi elite benua Biru sejak April 2014. Kubu Old Trafford finis di peringkat ketujuh di kompetisi Premier League musim 2103/14.

Sementara itu, PSV di bawah asuhan pelatih Philip Cocu terus memompa semangat anak anak asuhannya agar terus tampil konsisten utamanya di lini pertahanan. Di ajang Eredivisie, klub kesayangan kota Eindhoven itu baru saja menjebol gawang Cambuur dengan enam gol tanpa balas.

Berkunjung ke Eindhoven, justru Wayne Rooney bakal absen karena masih mengalami cedera hamstring. Kapten United ini juga tidak bermain ketim timnya menang 3-1 atas Liverpool. pelatih Louis van Gaal tentu saja tidak terlalu memaksa agar striker asal Inggris itu bermain.

Bek Phil Jones juga tidak berangkat bersama dengan skuat ke Eindhoven. Di kubu PSV,  Jetro Willems dan Florian Jozefzoon masih absen dalam waktu penjang, sedangkan Adam Maher sudah menjalani tes kebugaran.

Komentar dua pelatih:

* Phillip Cocu (PSV):

"Kami punya pengalaman di kancah Eropa (dari Liga Eropa) dan kami akan tampil sama baiknya ketika menghadapi mereka. Setiap orang berharap menuai tuah positif dari pertandingan ini. Laga ini prestisius dan sarat dengan tekanan. Kedua hal ini menjadi penting dicamkan."

"Banyak pemain United punya kualitas individu yang mumpuni. Mereka berpengalaman dan mereka mengukuhkan diri sebagai tim sepak bola papan atas. Anda dapat menyaksikan bahwa kerja Louis van Gaal perlahan membuahkan hasil, hanya saja kami tidak mau bersikap naif. Akan tetapi, tujuan kami yakni coba meraih kemenangan."

* Louis van Gaal (Manchester United):
"Senantiasa sulit tampil bermain di sini. Ketika saya melatih Ajax dan Barcelona, kami justru tidak menang banyak di Eindhoven, mungkin hanya dengan AZ Alkmaar. Saya tidak beranggapan ada perbedaan filosofi antara Premier League dengan Liga Champions."

"Laga tandang senantiasa baik juga bila dapat menangguk hasil imbang, meski kami tetap berusaha meraih kemenangan. Laga pertama sangat penting meraih kemenangan...ini juga berlaku bagi PSV. Saya beranggapan bahwa fans akan melihat tekad luar biasa dari Manchester United dengan berlaga di ajang Liga Champions. Kami ingin menunjukkan bahwa kami mampu meraih kemenangan di level tertinggi."

Data dan fakta (Opta facts):
 
* PSV Eindhoven hanya mampu mengukir satu kemenangan dalam empat pertandingan terdahulu melawan Manchester United di kompetisi Eropa (sekali imbang, dua kali kalah).
* Manchester United hanya menderita sekali kalah dari empat laga tandang ke Belanda di kompetisi Eropa (dua kali menang, sekali imbang).
* PSV Eindhoven mengalami tiga kekalahan dari empat laga terakhir di kandang di ajang Liga Champions (sekali menang).
* PSV Eindhoven tampil keempat belas kali di ajang Liga Champions, sejak kali pertama ikut pada 2008/09. Torehan ini mengungguli capaian klub Eredivisie.
* PSV Eindhoven merupakan satu dari tiga klub Belanda yang mampu meraih kemenang di ajang Liga Champions/Liga Eropa, selain Ajaz dan Feyenoord. Klub kota Eindhoven ini kali terakhir menjadi juara pada 1988 ketika mengalahkan Benfica lewat adu penalti.
* PSV Eindhoven tidak pernah mencetak lebih dari dua gol  dalam 30 laga terakhir di ajang Liga Champions.
* PSV mengalami tujuh kekalahan dari sembilan pertandingan di ajang Liga Champions (dua kali menang).

Prediksi susunan pemain:

* PSV (4-3-3):

Zoet (penjaga gawang), Willems, Isimat-Mirin, Bruma, Arias, Guardado, Hendrix, Propper, Lestienne, De Jong, Narsingh
Pemain cadangan:
Pasveer, Brenet, Moreno, Schaars, Locado, Pereiro, Poulsen
Absen: Jozefzoon (cedera lutut, Koch (cedera lutut), Maher

* Manchester United (4-2-3-1):
De Gea (penjaga gawang), Darmian, Smalling, Blind, Shaw; Carrick, Schneiderlin; Mata, Herrera, Memphis; Fellaini.
Pemain cadangan:
Romero, Rojo, Valencia, Schweinsteiger, Martial, Young
Absen: Rooney (cedera hamstring), Jones (cedera)

Lima laga terakhir:
(W:menang; D:imbang; L: kalah)

* PSV: WW D W D


12/9/15 SC Cambuur Leeuwarden 0 - 6 PSV
30/8/15 PSV 3 - 1 Feyenoord
22/8/15 Heerenveen 1 - 1 PSV
16/8/15 PSV 2 - 0 FC Groningen
11/8/15 HFC ADO 2 - 2 PSV

* Manchester United: W L W D W

12/9/15 Manchester United 3 - 1 Liverpool
30/8/15 Swansea City 2 - 1 Manchester United
26/8/15 Club Brugge 0 - 4 Manchester United
22/8/15 Manchester United 0 - 0 Newcastle United
18/8/15 Manchester United 3 - 1 Club Brugge

Head To Head:
 
18/10/00 Manchester United 3 - 1 PSV
26/9/00 PSV 3 - 1 Manchester United

Prediksi hasil laga (Goal.com):
* PSV 0 - 2 Manchester United (18 persen)
* PSV 1 - 2 Manchester United (14 persen)
* PSV 1 - 3 Manchester United (13 persen)

Prediksi jalannya laga:

* Depay "dilahap hidup-hidup" ketika membela Manchester United. PSV mengomando Santiago Arias untuk mengawal pergerakan pemain sayap berpaspor Belanda ini.
* Ini merupakan laga pulang kampung bagi Daley Blind. Bukan pengalaman manis bagi pemain ini menghadapi skuat PSV. Ia tidak akan dibiarkan bermain leluasa di stadion Eindhoven.
* Marouane Fellaini berperan sebagai jenderal serangan, sementara Anthony Martial berperan sebagai algojo.

Prediksi hasil laga menurut editor Antaranews.com:

* PSV: 1
* Manchester United: 2

Pewarta: AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2015