Jakarta (ANTARA News) - Musim dingin dan aktivitas di tengah salju menjadi tema wisata yang cocok untuk berlibur pada akhir tahun, kata kata Managing Director PT Panorama Tours Indonesia Hellen Xu.

"Tren wisata akhir tahun temanya winter and family, seperti paket tur Santa Claus dan wisata ke Islandia," kata Hellen pada Antara News di sela The World Of Panorama di Plaza Senayan, Jakarta, Jumat.

Libur akhir tahun pada Desember identik dengan Sinterklas dan pihaknya menawarkan "Europe Santa Claus", yakni wisata di Santa Claus Village, Rovaniemi, Finlandia.

Pelancong dapat merasakan sensasi musim dingin dengan menginap di Snow Hotel, Lapland, melihat Desa Iglo, memancing King Crab serta mengendarai snow mobile ride yang ditarik rusa kutub atau Husky.

Wisata musim dingin juga dapat diwujudkan dengan melihat aurora di wilayah Artic Circle,  air terjun Shannon dan mengendarai dog sledge di Kanada.

Blue Lagoon geothermal pemandian air hangat dengan warna air seperti susu berwarna biru di Islandia juga bisa menjadi tujuan wisata akhir tahun.

Bila ingin mencari tempat yang lebih dekat dari Indonesia, ada Ice & Snow World atau Ski Resort di Harbin, Tiongkok di mana pelancong dapat belajar main ski di tengah hamparan salju.

Meski nilai tukar rupiah melemah terhadap dolar AS, Hellen tetap optimistis akan minat pelancong untuk berwisata ke luar negeri karena tidak semua negara menggunakan mata uang tersebut. Hellen melanjutkan, sebagian mata uang asing itu lebih lemah ketimbang rupiah saat dolar menguat sehingga harga paket tur wisata luar negeri masih kompetitif.

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015