Jakarta (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo menegaskan fungsi tiga badan keamanan nasional --Badan Keamanan Laut (Bakamla), Badan Nasional Narkotika (BNN) dan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT)-- dalam menghadapi tantangan nasional seperti terorisme, keamanan di bidang sumber daya laut dan perikanan akibat ilegal fishing serta darurat narkoba, harus dioptimalkan lagi, termasuk dengan menguatkan kelembagaannya.

"Dalam menghadapi tantangan-tantangan itu, BNN, Bakamla, dan juga BNPT sangat strategis dalam mewujudkan kepentingan nasional kita, terutama di bidang keamanan, di bidang laut dan keselamatan laut, bidang perang terhadap narkoba, serta pencegahan dan penanggulangan ancaman terorisme," ujar Jokowi dalam rapat terbatas di Jakarta, Senin.

Dia menegaskan perlu ada langkah-langkah nyata dalam menguatkan kelembagaan Bakamla, BNN dan BNPT untuk bisa menjalankan fungsinya secara optimal.

"Oleh sebab itu, sore hari ini saya persilakan Pak Menko Polhukam untuk menyampaikan kondisi-kondiai riil yang ada di lapangan dan pentingnya penguatan kelembagaan," tegas Presiden Jokowi sambil mengharapkan ketiga lembaga keamanan itu fokus pada titik yang sama.

Presiden ingin ketiga hal yang sudah diutarakannya itu diselesaikan dengan baik sehingga masyarakat mendapatkan manfaatnya.

Pewarta: Ageng Wibowo
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015