kita berbicara dengan bahasa yang sama, bahasa sepakbola. Saya juga belajar tentang banyak budaya dan bahasa Indonesia, dan saya sangat mencintai bahasa Indonesia sekarang."
Perth (ANTARA News) - Atlet Australia yang pernah berkarir di berbagai klub sepakbola di Indonesia, Robert Mark "Robbie" Gaspar, mengajukan idenya tentang diplomasi sepakbola kepada mantan Presiden Republik Indonesia Soesilo Bambang Yudhoyono (SBY), dan tawaran itu langsung mendapat sambutan positif.

Berbicara dalam forum informal nan hangat bersama mantan orang nomor satu di Indonesia yang digelar di kampus Universitas Australia Barat (UWA), di Perth, Selasa, Robbie Gaspar mengaku pengalamannya berkarir sepakbola di Indonesia sebagai pengalaman yang sangat berharga.

Di sepakbola, "kita berbicara dengan bahasa yang sama, bahasa sepakbola. Saya juga belajar tentang banyak budaya dan bahasa Indonesia, dan saya sangat mencintai bahasa Indonesia sekarang," kata dia.

Dengan bahasa sepakbola, hubungan bilateral Indonesia dan Australia sangat potensial untuk ditingkatkan.

Robbie menyarankan agar Kota Perth atau klub Australia dan klub dari Indonesia melakukan kompetisi persahabatan setahun sekali. Secara bergantian, lokasi bisa dipilih di Indonesia atau di Australia, tambahnya.

"Saya setuju!" kata SBY menanggapi ide Robbie Gaspar, sembari menjelaskan bahwa dirinya bukan penggila bola, "Ibu Ani lebih senang bola. Sepakbola memang membuat satu," katanya sembari menggabungkan dua telapak tangan mengepal.

Selain menyatakan dukungannya, SBY juga mengaku akan membawa ide Robbie ini ke Jakarta agar bisa ditindaklanjuti.

Di sesi foto bersama, Robbie Gaspar menyerahkan kaus tim sepakbola negara bagian Australia Barat kepada SBY.

Robbie tercatat pernah berlaga untuk Persita Tangerang, Persiba Balikpapan, Persema Malang, dan Persib Bandung.

Pewarta: Ella Syafputri
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015