Kami menentang depresiasi kompetitif atau perang mata uang. Kami tidak akan menurunkan nilai tukar RMB untuk meningkatkan ekspor
Seattle (ANTARA News) - Presiden Tiongkok Xi Jinping berjanji tidak menurunkan nilai mata uang Yuan menjadi lebih rendah hanya untuk memperkuat ekspor Tiongkok.

"Kami menentang depresiasi kompetitif atau perang mata uang. Kami tidak akan menurunkan nilai tukar RMB untuk meningkatkan ekspor," kata Presiden Tiongkok Xi Jinping, Rabu.

Saat berbicara kepada khalayak besar pengusaha dan pejabat negara Amerika Serikat, yang berkepentingan kuat dalam perdagangan Tiongkok, Presiden Xi mengatakan pemerintah Tiongkok tetap menjalankan rencana membiarkan nilai Yuan, atau renminbi (RMB), akhirnya kembali normal oleh kekuatan pasar.

"Devaluasi mata uang, yang tidak terlalu baik pada Agustus, yang mengguncang pasar antarbangsa, mencapai keberhasilan awal dalam memperbaiki penyimpangan nilai tukar," kata Xi.

"Mengingat keadaan ekonomi dan keuangan di dalam dan luar negeri, tidak ada dasar untuk depresiasi RMB secara terus menerus," ujar dia.

Xi menyampaikan pernyataan tersebut dalam pidato pada hari pertama kunjungan kenegaraan ke Amerika Serikat.

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2015