Jakarta (ANTARA News) - Ketua DPR RI Setya Novanto mengunjungi jemaah haji Indonesia yang menjadi korban musibah Mina di rumah sakit setempat.

"Saya berangkat ke Arab Saudi atas undangan khusus dari Kerajaan Arab yang sudah disampaikan sejak enam bulan sebelumnya," kata Setya Novanto di Gedung MPR/DPR/DPD RI Jakarta, Rabu.

Dalam kunjungan tersebut, Novanto didampingi oleh istrinya, Wakil Ketua DPR RI Fadlizon dan istri, Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) Nurhayati Ali Assegaf, dan Ketua Fraksi PKS DPR RI Jazuli
Juwaeni.

Menurut Novanto, undangan khusus dari Kerajaan Arab Saudi tersebut sangat terbatas kepala negara dari beberapa negara antara lain Maldives, serta pimpinan parlemen dari beberapa negara antara lain Irak.

"Melalui undangan khusus tersebut, Kerajaan Arab ingin memberitahukan bahwa perbaikan Masjidil Haram sudah hampir selesai dan persiapan penyelenggaraan haji yang lebih baik," katanya.

Persiapan keberangkatan ke Arab Saudi, kata Novanto, dilakukan sejak tiga hari  sebelum keberangkatan.

Novanto dan rombongan tiba di Arab Saudi pada Jumat (25/9) .

"Sebagai pimpinan Dewan, saya terpanggil untuk mengunjungi jemaah haji Indonesia yang menjadi korban musibah Mina," katanya.

Dia dan rombongan kemudian meninggalkan tempat peristirahatan yang diberikan Kerajaan Arab Saudi dan menuju rumah sakit Mina.

"Pak Jazuli yang bisa bahasa Arab sehingga komunikasi dengan tentara Arab maupun petugas di rumah sakit, dapat saling memahami," katanya.

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2015