Jakarta (ANTARA News) - Wakil Ketua MPR, Oesman Sapta, mengatakan, masyarakat Indonesia harus konsisten menghafalkan, mengamalkan memahami dan menghayati Empat Pilar MPR.

"Kita harus mengakui bahwa tak ada negara di dunia ini yang bisa berdiri tanpa ideologi dan tak ada negara di dunia yang bisa berdiri kokoh bila rakyatnya tak memahami ideologi bangsanya," katanya dalam sosialisasi Empat Pilar MPR di Bogor, Jumat.

Oesman mengakui bahwa saat ini masyarakat sudah kehilangan rasa nasionalisme karena tidak mengamalkan dan menjabarkan Empat Pilar secara terus menerus.

"Untuk itulah pentingnya di sini melakukan sosialisasi yang merupakan salah satu tugas MPR," katanya dalam keterangan tertulis MPR.

Ia mengatakan, pendiri bangsa telah merumuskan Pancasila sebagai dasar dan ideologi Indonesia. Tanpa Pancasila, Indonesia tak akan pernah ada meski demikian bangsa ini hampir tergelincir karena mengingkari Pancasila.

Selain Pancasila, kata Oesman, negara ini akan tertib apabila dibangun dengan konstitusi yang menjamin kepastian hukum. Konstitusi yang dimaksud adalah UUD1945.

"Semua peraturan harus bersumber pada Pancasila dan UUD," ujarnya.

Pewarta: Try Reza Essra
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015