Jakarta (ANTARA News) - Wakil Ketua MPR RI Mahyudin menyatakan keteladanan yang baik, benar werta sanggup membawa masyarakat untuk bekerja sama dinilai dapat menuntaskan permasalahan yang sedang dihadapi bangsa Indonesia saat ini.

"Keteladan pemimpin harus disadari oleh para pemimpin itu sendiri, mereka harus menjadi panutan agar rakyat mengikuti pemimpin," kata Mahyudin dalam rilis Humas MPR RI yang diterima di Jakarta, Selasa.

Menurut politisi Partai Golkar RI itu, untuk menuntaskan permasalahan bangsa harus ada kerjasama yang baik antara masyarakat dan pemimpin bangsa mulai dari tingkat daerah sampai pusat.

Ia berpendapat saat ini bangsa Indonesia di hadapkan kepada permasalahan berkurangnya keteladanan pemimpin dan lemahnya penghayatan dan pengamalan agama.

Sementara itu, Anggota DPD RI dari Provinsi Aceh Gazali Abbas Adan mengatakan pemerintah seharusnya mengatasi tingkat ketimpangan antardaerah yang merupakan permasalahan di Tanah Air untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

"Salah satu tantangan dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa adalah masalah disparitas antardaerah. Pemerintah harus melihat hal ini secara objektif dan adil," kata Gazali Abbas Adan.

Dia mencontohkan bahwa berbagai daerah di Indonesia bagian timur masih serba kekurangan sehingga pemerintah pusat juga seharusnya jangan menunggu pemerintah di daerah meminta bantuan.

Pewarta: Muhammad Razi Rahman
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2015