counter

Korut, Thailand dan Oman raih kemenangan di kualifikasi Piala Dunia

Korut, Thailand dan Oman raih kemenangan di kualifikasi Piala Dunia

FiFA World Cup Rusia 2018 (REUTERS)

Singapura (ANTARA News) - Korea Utara (Korut), Thailand dan Oman mengambil keuntungan dari absennya tim-tim elit Asia untuk melaju di grup-grup kualifikasi Piala Dunia mereka dengan kemenangan pada Selasa.

Dengan tim-tim unggulan tidak bermain pada putaran keenam kualifikasi yang juga berfungsi sebagai kualifikasi Piala Asia, tim-tim yang lebih kecil di benua ini memperbesar peluang mereka untuk mendapatkan satu dari 12 tempat yang disediakan bagi fase berikutnya menuju Rusia 2018.

Korut semakin dekat dengan hal itu setelah Jong Il Gwan mencetak gol penalti pada menit ke-15 untuk membuat timnya menang 1-0 atas Yaman, yang membuat tim yang pernah dua kali berpartisipasi di Piala Dunia itu unggul empat angka atas Uzbekistan di Grup H dengan tiga pertandingan tersisa.

Di Muskat, Oman mengalahkan India dengan skor 3-0 untuk unggul tiga angka bersih atas tim favorit Iran di puncak klasemen Grup D.

Iran menjamu Jepang pada pertandingan persahabatan yang berakhir dengan skor 1-1 setelah Yoshinori Muto membatalkan gol pembuka Mehdi Torabi untuk tuan rumah. Korea Selatan (Korsel) menang 3-0 atas Jamaika pada pertandingan persahabatan lain.

Dengan Jepang berada di Teheran, Singapura mengambil kesempatan untuk menyamakan koleksi angka dengan juara Asia empat kali itu di puncak klasemen Grup E setelah menang 2-1 atas Kamboja, yang mencetak gol perdananya di kualifikasi melalui Sos Suhana.

Pelatih Singapura Bernd Stange dibuat terkejut oleh kritik terhadap timnya, yang bertekad untuk mendapatkan satu dari empat posisi tim runner up terbaik, yang akan membuat mereka lolos ke Piala Asia selanjutnya dan putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia.

"Mengapa Anda tidak dapat gembira karena kami memiliki sepuluh angka," kata pria asal Jerman ini kepada pewarta yang menanyakan mengapa timnya bersusah payah untuk mendapatkan hasil ini.

Thailand tampil bagus untuk menekan tim favorit di Grup F Irak, dengan meraih kemenangan 3-0 atas Vietnam yang membuka selisih lima angka di grup, yang telah dikurangi menjadi empat tim menyusul skors yang dijatuhkan FIFA kepada Indonesia karena intervensi politik.

Kroekrit Thawikan mencetak gol pembuka dari jarak jauh sebelum gol bunuh diri Tien Thang tercipta pada menit ke-60 yang mengamankan hasil pertandingan untuk tim tamu, di mana Theerathon Bunmathan turut mencatatkan namanya di papan skor di Hanoi dengan menuntaskan pergerakan cantik timnya.

Thailand akan menghadapi Taiwan bulan depan sebelum menjalani pertandingan penentuan di markas mantan juara Asia Irak di Tehran pada pertarungan untuk memperebutkan posisi teratas.

Rivalnya di Asia Tenggara Malaysia meraih kemenangan tandang perdananya di kualifikasi Piala Dunia dalam rentang waktu 14 tahun, ketika mereka menang 1-0 atas Timor Leste, kemenangan pembukaannya di Grup A.

"Ini adalah kemenangan yang penting. Kami memerlukannya untuk membangkitkan peluang kami finis di peringkat ketiga di grup," kata pelatih sementra Ong Kim Swee.

Bagaimanapun, tidak ada angka perdana di kualifikasi ini bagi Bhutan, di mana tandukan Siu Ki Chan pada menit ke-89 membawa Hongkong menang 1-0, untuk membuat tim tamu unggul atas Tiongkok di putaran kedua di Grup C.

Pemuncak klasemen grup Qatar menang besar 4-0 atas tamunya Maladewa, melalui gol-gol yang dibukukan Boualem Khouki, Mohammed Kasola, dan Mohamed Musa.
(Uu.H-RF/A016)

Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2015

Yang dipetik Indonesia dari Rusia untuk Asian Games

Komentar