Jakarta (Antara) - Politisi dan anggota DPR dari PDIP, Rieke Diah Pitaloka, terpilih sebagai Ketua Pansus Pelindo II setelah melalui proses konsultasi dan lobi, hari ini.

"Setelah diadakan konsultasi dan lobi dengan perwakilan fraksi, ditetapkan dan disahkan Panitia Angket Pelindo II adalah Rieke Diah Pitaloka," kata  Wakil Ketua DPR Fadli Zon di Ruang Rapat Pansus C, Gedung Nusantara II, Jakarta, Kamis.

Dia menjelaskan, rapat perdana Pansus Angket Pelindo II yang dipimpinnya juga menyepakati tiga Wakil Ketua Pansus Pelindo II, yakni Aziz Syamsuddin (F-Golkar), Desmond J Mahesa (F-Gerindra), dan Teguh Juwarno (F-PAN).

"Mereka sudah ditetapkan dan palu sidang sudah saya serahkan dan dalam waktu 60 hari akan dilaporkan pada sidang paripurna hasil pansus ini," ujar Fadli.

Dia menjelaskan, proses pemilihan pimpinan Pansus itu, fraksi-fraksi mengirim nama-nama dan ada usulan dengan sistem paket. Menurut dia, berdasarkan hasil lobi dan konsultasi, mengerucut pemilihan pimpinan Pansus dengan sistem paket.

"Ada perbedaan dalam konsultasi namun bisa langsung diatasi dan selesai," ujarnya.

Politikus Partai Gerindra itu mengatakan, seluruh fraksi tidak memasalahkan gender Ketua Pansus karena yang diutamakan adalah kemampuannya.

Dia meyakini Rieke paham dan mengerti hukum sehingga bisa memimpin pansus itu dengan tuntas.

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015