AsiaNet 62200

TOKYO, 16 Oktober 2015 (Antara/Kyodo JBN-AsiaNet) --

- Pernyataan dari The Nippon Foundation Terkait Langkah Menuju Perdamaian -

Perwakilan Pemerintah Republik Serikat Myanmar dan delapan organisasi bersenjata etnis menandatangani kesepakatan gencatan senjata pada 15 Oktober dalam sebuah upacara yang berlangsung di ibu kota Naypyidaw. Bersama dengan Thailand, Tiongkok, India, Perserikatan Bangsa-Bangsa dan Uni Eropa, Jepang telah mempromosikan dialog di antara pihak-pihak yang terlibat dan memberikan bantuan kemanusiaan ke wilayah-wilayah yang terkena dampak konflik, dan merupakan bukti dari penandatangan kesepakatan ini. Yohei Sasakawa, Chairman The Nippon Foundation, menghadiri upacara tersebut dan menandatangani kesepakatan dalam kapasitasnya sebagai Utusan Khusus Pemerintah Jepang untuk Rekonsiliasi Nasional di Myanmar. Sebagai tindak lanjut dari penandatanganan tersebut, The Nippon Foundation merilis pernyataan sebagai berikut.

Pernyataan terkait Kesepakatan Gencatan Senjata Myanmar
Yohei Sasakawa, Chairman, The Nippon Foundation

Saya menyambut kesepakatan gencatan senjata yang ditandatangani pada 15 Oktober 2015 antara Pemerintah Myanmar dan delapan organisasi bersenjata etnis.

Saya ingin menyatakan bahwa Pemerintah Myanmar dan Organisasi Bersenjata Etnis terus menjalin dialog dan memperdalam rasa saling percaya satu sama lain hingga saat ini, dalam upaya mewujudkan perdamaian yang sedang berlangsung di Myanmar.

Penandatangan kesepakatan gencatan senjata ini adalah sebuah langkah penting dalam mencapai perdamaian dan stabilitas di Myanmar. Hari ini, banyak yang terpaksa masih harus hidup dalam kondisi yang keras dan tidak aman. Saya ingin mengajak seluruh pihak untuk berupaya memastikan proses perdamaian di Myanmar terus berlangsung.

Selama bertahun-tahun, The Nippon Foundation telah mendukung upaya-upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Myanmar. Dalam beberapa tahun belakangan ini, selain berbagai kegiatan di bidang pendidikan, pertanian, kesehatan dan dukungan bagi orang-orang penyandang cacat, kami telah menambah bantuan kemanusiaan bagi korban perselisihan sipil. Sejalan dengan komitmen kami untuk mewujudkan perdamaian abadi di Myanmar, The Nippon Foundation akan terus memberikan dukungan untuk keberlangsungan hidup bagi orang-orang yang terkena konflik.

Silakan kunjungi website The Nippon Foundation untuk informasi lebih lanjut terkait kegiatan The Foundation di Myanmar.

http://www.nippon-foundation.or.jp/en/what/projects/myanmar/


Sumber: Nippon Foundation

Kontak:
Natsuko Tominaga
PR Department
The Nippon Foundation
+81-3-6229-5131
pr@ps.nippon-foundation.or.jp

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2015